Hideo Kojima kembali melakukannya lagi. Setelah bertahun-tahun meninggalkan para penggemarnya untuk selalu berspekulasi, ia beserta perusahannya, Kojima Production, merilis trailer dari salah satu permainan yang paling diantisipasi tahun ini, yaitu Death Stranding.

Jika kamu berpikir bahwa permainan ini akan sangat aneh dan berbeda dari permainan lainnya, maka kamu berpikir benar. Dalam iklan yang berdurasi hampir 9 menit, kamu dapat melihat apa saja yang bisa kamu ekspetasi di dalam permainan, meski masih belum dijelaskan dengan jelas apa alur ceritanya atau bagaimana mekanik dari gameplay permainan ini.

Apa yang bisa saya tangkap dari trailer tersebut adalah bahwa dunia di dalam permainan Death Stranding sudah hancur lebur, dan manusia hampir punah. Maka dari itu, Sam (Norman Reedus), tokoh utama kita, tampak sering melindungi seorang bayi yang berada di dalam sebuah tabung. Begitu juga dengan Cliff (Mads Mikkelsen) yang tampaknya juga mengincar bayi tersebut dan menjadi antagonis di dalam permainan.

Kita sebagai pemain juga bisa mengeksplorasi dunia dengan bantuan alat-alat yang kita miliki, seperti tangga lipat yang dapat mencapai tebing yang tinggi, atau sebuah alat dengan tali yang bisa membantu kita untuk turun menuju ke bawah.

robinekariski-video-game-sam-menggunakan-tangga-untuk-menyebari-lembah

Bertarung juga sepertinya menjadi salah satu mekanik gameplay di dalam permainan, di mana Sam terlihat bertarung dan menghindar dari beberapa musuh yang menggunakan pakaian berwarna kuning. Kita dapat menggunakan benda untuk bertarung dengan musuh, seperti sebuah tas yang dipegang Sam dapat diayunkan terhadap musuh disekitarnya.

Tidak hanya bertarung, sepertinya unsur stealth yang mirip dengan Metal Gear Solid pada sebelumnya juga akan muncul, karena kita melihat Sam sedang bersembunyi di antara rerumputan yang tinggi saat melihat banyak musuh di depannya. Seperti Metal Gear Solid juga, kabur bisa menjadi opsi karena sepertinya semakin sedikit membunuh maka semakin baik, mengusung konsep Metal Gear Solid V.

Untuk alur sendiri, saya jujur masih belum paham dengan jelas apa yang sebenarnya terjadi, karena sepertinya 9 menit belum cukup untuk menjelaskan apa yang benar-benar terjadi. Pada satu bagian, kita bisa melihat Sam melihat beberapa bayangan yang bergerak di depannya, dan akhirnya Sam pun tertangkap dan diseret.

Setelah itu, kita dapat melihat Sam terlempar ke masa perang, di mana kita juga dapat melihat beberapa tentara melintas di depan karakter utama kita, begitu juga dengan sebuah tank besar. Jadi, Death Stranding akan memiliki unsur-unsur mesin waktu yang bisa mengubah waktu dan masa saat ini.

Cliff, sang antagonis (sepertinya) terlihat memiliki kekuatan yang cukup spesial, di mana ia memiliki anak buah berupa tengkorak dan dapat melewati besarnya api yang membara. Itu saja yang bisa saya tangkap dari mengenai Cliff, meski saya memiliki harapan yang tinggi untuk karakter ini.

robinekariski-video-game-mads-mikkelsen-akan-membintangi-death-stranding-sebagai-cliff

Salah satu hal yang sangat saya puji dari permainan ini adalah faktanya bahwa Death Stranding memiliki banyak aktor dan aktris papan atas yang bisa membuat permainan ini menjadi film papan atas Hollywood, padahal permainan ini berasal dari Jepang.

Death Stranding akan dibintangi oleh Norman Reedus (The Walking Dead), Mads Mikkelsen (Hannibal), Lea Seydoux (Spectre), Margaret Qualley (Once Upon a Time in… Hollywood), Tommie Earl Jenkins (Go Jetters), Troy Baker (The Last of Us), dan Lindsay Wagner (The Bionic Woman).

Death Stranding akan dirilis pada 8 November, 2019.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s