Mungkin sudah ada sekitar 10 tahun saya bermain The Sims. Semua dimulai dengan saya pertama kali menemukan The Sims 2 di PlayStation 2, kemudian lanjut memainkan The Sims 3 di PlayStation 3, dan akhirnya bermain The Sims 4 di laptop kesayangan.

Dan setiap bermain The Sims, saya selalu mengalami siklus bermain yang cukup unik. Biasanya saya bermain intens selama beberapa hari atau minggu, kemudian tiba-tiba berhenti bermain selama beberapa bulan. Setelah beberapa bulan berlalu, lanjut saya bermain The Sims, entah menggunakan file save yang lama atau mencoba untuk bermain baru.

Apa yang sebenarnya selalu membuat saya balik bermain The Sims, mengetahui tidak ada yang berbeda? Tentu jika membahas The Sims, maka ada banyak hal yang bisa kita bicarakan.

Mungkin salah satu alasan terbesar kenapa saya kembali lagi adalah kebebasan yang ditawarkannya. Berbeda dari permainan lainnya, The Sims adalah permainan yang hanya bisa berjalan jika para pemainnya memiliki imajinasi. Permainan ini tidak mendikte pemainnya untuk melakukan ini, melakukan itu, namun membiarkan penainnya yang memutuskan untuk melakukan sesuatu. Jika imajinasi pemainnya terbatas, The Sims akan terasa repetitif dan hambar, namun jika pemainnya mampu berkreasi, The Sims akan menjadi permainan dengan kemungkinan yang tidak terbatas.

robinekariski-video-game-the-sims-memiliki-kebebasan-yang-tidak-dimiliki-permainan-lainnya

Dan tidak hanya kebebasan, namun The Sims juga menawarkan kehidupan kedua bagi para pemainnya. Kehidupan baru. Kehidupan yang mungkin tidak akan pernah kita alami. Mungkin kamu ingin menjadi muda kembali, atau menjadi pria, wanita, ingin menjadi orang yang karismatik, bertubuh atletis, jago memainkan musik, The Sims dapat membuat semua yang kamu idamkan menjadi kenyataan hanya dalam satu klik. Tidak satu klik juga, tapi kamu tahulah apa yang saya maksud.

Beratus-ratus konten juga selalu diperbaharui tidak hanya oleh pihak EA, namun juga dari komunitas modder yang siap membuka kemungkinan lebih besar dengan beribu-ribu pilihan mod yang bisa kamu tambahkan di dalam permainan. Ingin menjadi penyihir? Menambah sifat baru pada sebuah karakter? Menjadi hidup selama-lamanya? Menambah pilihan pakaian? Semuanya ada, dan kamu hanya perlu jeli untuk mencari mod. Bahkan, sampai ada mod ‘dewasa’ yang siap memuaskan semua fantasimu. Konten-konten baru seperti itulah yang juga menjadi daya tarik mengapa saya selalu berminat untuk kembali bermain The Sims, meski sudah tidak pernah menyentuhnya selama berbulan-bulan.

Pada akhirnya, The Sims adalah cara kita untuk kabur dari jenuhnya hidup, bosannya keseharian kita, dengan membuat kehidupan virtual yang segala sesuatu dapat terjadi asalkan pemain mampu mengimajinasikannya. Itulah mungkin alasan terbesar mengapa saya dan mungkin banyak pemain lainnya yang entah mengapa selalu tertarik untuk kembali memainkan permainan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s