Jarang saya menemukan sebuah seri yang menjadikan perang sebagai jenisnya. Mungkin karena perang lebih baik dijadikan film. Atau mungkin jika dijadikan sebagai seri akan membuat perang tersebut membosankan. Namun tidak dengan Catch-22, miniseri terbaru yang diproduseri dan disutradarai oleh George Clooney (Ocean Eleven).

Berbeda dari film perang kebanyakan, Catch-22 lebih mengeksplorasi kehidupan tentara saat ditugaskan di tanah asing, yang sering saya bandingkan dengan film Jarhead, dibintangi oleh Jake Gyllenhaal. Catch-22 juga tidak bersandar pada banyak aksi, namun mengandalkan sisi komedi gelapnya melalui tingkah laku dan dialog setiap karakter.

Catch-22, yang berdasarkan novel karya Joseph Heller, menceritakan seorang prajurit yang distasiunkan di Italia, bernama John “Yo-Yo” Yossarian (Christopher Abbott). Yo-Yo khawatir akan nyawanya seiring kuota misinya, meski selalu ia penuhi, terus saja dinaikkan oleh atasannya, Kolonel Cathcart (Kyle Chandler). Yang awalnya hanya berkisar 30, terus dinaikkan hingga mencapai 50, sehingga ia tidak bisa pulang ke tanah airnya, Amerika.

Tentu saja Yo-Yo selalu mencari cara untuk pulang, meski semua usahanya tersebut gagal. Mulai dari menipu dokter dengan mengatakan ia mengalami kesakitan di bagian perut, meracuni sup di markasnya, sampai mensabotase alat komunikasi di pesawat bomber yang ia naiki. Di sinilah komedi yang dimiliki Catch-22 bersinar, dengan lugunya acara ini memberitahu bahwa meski sedang berada di masa perang, namun tentara ini tetap merasa “Masa bodoh, saya mau pulang!”

robinekariski-tv-series-john-yo-yo-yossarian-di-dalam-catch-22

Tidak hanya karakter Yo-Yo yang bersinar pada miniseri ber-6 episode ini, namun karakter yang lainnya juga sangatlah energetik dalam melanjutkan cerita Catch-22. Kamu bisa mendapatkan Milo Minderbinder (Daniel David Stewart), prajurit yang mengandalkan perang untuk membuat bisnis dan mendapatkan keuntungan. Juga ada Major Major Major (Lewis Pullman), di mana ayahnya merasa lucu untuk memberikan anaknya tiga nama Major. Apa yang lebih lucu lagi adalah faktanya bahwa Major Major Major mendapatkan peringkat Mayor, sehingga pada akhirnya memiliki nama Mayor Major Major Major, atau Major Major Major Major dalam Bahasa Inggris.

Tetapi, Catch-22 tidak hanya memiliki sisi komedi. Miniseri ini menceritakan perang, jadi cepat atau lambat pasti akan ada kerusakan, kekacauan, dan kematian. Dan lagi, episode pertama dibuka dengan adegan Yo-Yo, telanjang dan pantat bulat terlihat, melewati kepulan asap pesawat yang berapi-api di sebelahnya. Di sinilah di mana sisi gelap perang terlihat, dan kita dapat merasakan pedihnya seorang prajurit yang tertahan di tanah asing dan melihat setiap temannya harus gugur seiring berjalannya waktu.

Berdurasi sekitar 6 jam, miniseri ini terlihat bersih dan santai dengan sinar matahari Italia yang membuat mayoritas layar menjadi warna kekuningan membantu untuk membuat mood dari setiap episode terasa ringan. Ditambah dengan dialog yang cepat dan pintar dari setiap karakter, Catch-22 menjadi salah satu miniseri paling mencolok dari lautan serial lainnya.

robinekariski-tv-series-tidak-hanya-yo-yo-namun-karakter-lain-juga-sangat-seru-untuk-dijelajahi

Saya juga menyukai pilihan-pilihan lagu yang digunakan, seperti lagunya Nat King Cole yang berjudul “Straight Up and Fly Right” dimainkan saat sebuah pasukan sudah menyelesaikan misinya dan pesawat miliknya melandas di markas, memberikan kesan yang ceria, bahwa semua masalah sudah selesai, padahal masih ada segunung konflik yang menunggu.

Catch-22 adalah sebuah miniseri yang lucu, hangat, namun juga menyeramkan dan menakutkan. Dibintangi oleh para pemain film yang kompeten, dengan dialog yang menarik, dan tentunya lelucon yang segar, Catch-22 adalah sebuah sindiran mengenai beratnya efek peperangan terhadap para prajurit yang terlibat, dan menjadikannya salah satu miniseri yang saya rekomendasikan untuk kamu coba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s