Bermain Far Cry 5, saya sudah mengetahui apa yang akan terjadi karena secara garis besar gameplay yang dimilikinya kurang lebih mirip dengan Far Cry sebelumnya. Permainan yang open-world, dengan banyaknya pilihan senjata dan musuh yang berlimpah. Tentu Far Cry 5, sama seperti sebelumnya, akan menjadi permainan yang bertujuan untuk membiarkan para pemainnya melepaskan kekacauan dan kerusakaan di mana-mana. Yang tidak saya prediksikan adalah bahwa Far Cry 5, meski memiliki elemen yang mirip dengan sebelumnya, mampu menyempurnakan elemen-elemen tersebut dan menambahkan beberapa fitur terbaru dan membuat permainan ini menjadi lebih segar.

Salah satu perubahan yang cukup besar adalah jalur cerita yang lebih terbuka. Menyelesaikan misi pertama, kamu akan menemukan tiga wilayah besar dengan misi yang berbeda dan cerita yang juga berbeda namun tetap berkaitan dengan bagaimana alur Far Cry 5 berjalan. Ini memberikan pemain perasaan bebas untuk ingin melanjutkan cerita yang mana terlebih dahulu. Dan dengan kebebasan yang diberikan, maka kamu akan merasakan betapa luasnya map bermain kamu.

Kali ini Far Cry 5 berlatar di Hope County, sebuah daerah fiksi yang berada di Montana, Amerika Serikat. Cerita dimulai dengan sebuah grup kultus yang bernama Eden’s Gate mulai meneror warga lokal dan menguasai hampir seluruh daerha tersebut. Pemain memainkan Rookie, deputi junior yang bersama aparat kepolisian lokal ingin menangkap Joseph Seed, ketua dari Eden’s Gate. Tentu saja ini adalah Far Cry, jadi semua tidak berjalan sesuai rencana. Helikopter yang kamu tumpangi terjatuh dekat dengan markas utama Seed, dan kamu sebagai salah satu yang selamat dari kecelakaan tersebut berusaha untuk bertahan hidup.

robinekariski-video-game-latar-hope-county-sangat-indah

Saya menyukai bagaimana karakter Rookie yang kita mainkan ini, karena untuk pertama kalinya di Far Cry kita bisa menentukan bagaimana fisik dan penampilannya. Mulai dari jenis kelamin, ras, rambut, hingga pakaian yang dikenakannya bebas untuk kita pilih. Ini membantu untuk membuat pemain merasa karakter yang dimainkan menjadi lebih personal, sehingga apapun yang terjadi dapat memberikan efek lebih. Yang menariknya, Rookie menjadi karakter pertama di franchise tersebut yang tidak pernah mengucapkan sepatah kata, hanya mengeluarkan suara jika sedang bergumam kesakitan.

Far Cry 5 memiliki cerita yang berbeda dari sebelumnya, namun saya tidak bisa menghilangkan perasaan bahwa cerita yang dimilikinya masih familiar dengan sebelumnya. Kita bermain sebagai seseorang yang dengan sendirinya akan menjatuhkan kekuasaan seseorang yang jahat dari warga sipil. Tentu elemen kultus cukup keren untuk diimplementasi di sini, namun secara keseluruhan Far Cry 5 masih tidak bisa lepas dari cerita yang sudah pernah dibuatnya.

Kalau dari segi gameplay, Far Cry memang tidak pernah mengecewakan. Saya bisa menghabiskan banyak waktu memutari indahnya Hope County, sembari mengendarai sedan yang sudah dilengkapi dengan senapan mesin, mendengarkan musik Country, dan mencari musuh yang masih berkeliaran. Entah menggunakan senapan mesin, pistol, sniper, ataupun menggunakan busur panah, saya selalu menyukai berperang dengan musuh karena banyak sekali yang bisa saya lakukan. Membunuh, kabur, bersembunyi, memanjat, tiarap, saya selalu tidak pernah kehabisan ide setiap kali memutuskan untuk menyerang markas musuh.

Terlebih, Far Cry 5 memiliki elemen baru yang bernama Guns for Hire. Dengan Guns for Hire, pemain bisa merekrut sampai dua teman dengan keahlian yang berbeda-beda untuk membantu menghabisi musuh lebih mudah. Ada yang ahli memanah, ada yang menggunakan pesawat terbang, membawa peluncur roket, menggunakan sniper, sampai ada anjing yang bisa kamu bawa kemana-mana. Tentu tidak perlu berpikir panjang bahwa saya akan selalu membawa anjing yang bernama Boomer tersebut. Dan yang tidak kalah pentingnya, kamu bisa mengelus-elus kepalanya dan itulah yang saya lakukan setiap ia berhasil mencabik musuhnya. Guns for Hire menjadi salah satu elemen baru yang sangat saya sukai, karena permainan menjadi sedikit lebih membosankan, ditemani dengan manusia ataupun hewan memang membuat petualangan menjadi lebih menarik.

robinekariski-video-game-permainan-far-cry-5-menjadi-lebih-bebas

Jika kamu mengenal franchise Far Cry, maka kamu pasti mengetahui bahwa setiap permainannya memiliki antagonis yang eksentrik dan mencolok dari video game lainnya. Namun sayang, antagonis di Far Cry 5 kuranglah semenarik yang sebelumnya. Joseph Seed selaku antagonis utama memang memiliki kepribadian yang unik dan jalan berpikir yang tidak konvensional, namun karena waktunya harus terbagi dengan tiga antagonis lainnya, saya jadi kurang begitu memerhatikannya yang berakibat dirinya menjadi kurang mengesankan. Tetapi setiap ia muncul, pastikan kamu selalu memerhatikannya, karena penampilannya tetaplah sangat “membuat-bulu-kuduk-berdiri.”

Far Cry 5 adalah sebuah permainan, yang meski memiliki cerita yang kurang dan antagonis yang jarang terlihat, tetaplah permainan yang sangat seru. Dengan wilayah yang begitu indah, kebebasan yang sangat terbuka, dan Boomer yang siap menemani, Far Cry 5 adalah permainan yang tetap membawa nama Far Cry begitu berjaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s