Selamat tinggal Marvel. Setidaknya itulah yang harus kita ucapkan ke semua serial Marvel yang tersedia di Netflix, karena Disney memutuskan untuk menarik semua hak tayang Marvel sehingga musim ketiga Jessica Jones resmi menjadi serial terakhir Marvel di layanan streaming tersebut.

Sama seperti sebelumnya, musim ketiga Jessica Jones masih menceritakan keambiguan tokoh utama kita apakah lebih baik untuk menjadi pahlawan atau memikirkan dirinya sendiri saja. Tentu saja antagonis menjadi peran penting di serial ini, di mana pada musim-musim sebelumnya ia berhadapan dengan manusia berkekuatan super, kali ini ia berhadapan dengan manusia biasa.

Pada musim terbarunya, Jessica Jones (Krysten Ritter) beradu dengan Gregory Salinger (Jeremy Bobb), seorang pembunuh psikopat yang membunuh orang yang ia anggap tidak pantas untuk memiliki kelebihan yanh dimilikinya, terutama orang dengan kekuatan super. Gregory tidak mengandalkan kekuatan yang dimilikinya, karena ia hanyalah manusia biasa, jadi ia menggunakan kelicikan dan kepintaran yang ia miliki, dan menjadikan pertarungan ia dan Jessica menjadi adu kepintaran kedua tokoh tersebut.

robinekariski-tv-series-gregory-salinger-di-jessica-jones

Ini menjadikan musim ketiga Jessica Jones menjadi sesuatu yang cukup segar di kalangan serial superhero lainnya, di mana keseruan terjadi bukan saat kedua tokoh beradu pukul dan tendang, melainkan kedua tokoh berusaha untuk mengalahkan satu sama yang lainnya dengan berpikir. Kesan serial menjadi lebih misterius, di mana tokoh utama berusaha untuk menyelidiki masalah demi masalah dan memecahkannya sebelum sang musuh melakukan kejahatan lainnya.

Bukan Gregory saja masalah yang harus dihadapi Jessica, karena masih ada temannya, Trish Walker (Rachael Taylor) yang mendapati kekuatan super pada musim sebelumnya, dan Jeri Hogarth (Carrie-Anne Moss), pengacara yang memiliki hubungan naik-turun dengan Jessica. Kemudian ada Erik Gelden (Benjamin Walker), pria yang secara tiba-tiba memasuki kehidupan Jessica dan adiknya, Berry Gelden (Jamie Neumann).

robinekariski-tv-series-trish-dan-jeri-di-musim-ketiga

Meski dengan banyaknya masalah yang dihadapi Jessica mampu membuat beberapa episode menjadi lebih intens, namun terasa tidak begitu bagus maupun dirasa tidak begitu dibutuhkan. Seperti Trish, yang memiliki kekuatan super seringkali beradu dengan Jessica karena sering memiliki dua opini yang berbeda. Mungkin dapat menjadi konflik yang intens, namun malah setiap saya menonton Trish saya malah semakin membencinya dan menganggap dirinya menyebalkan. Bahkan saat ia memutuskan untuk membantu Jessica, saya tetap tidak menyukai karakter ini.

Kemudian ada Jeri, pengacara ambisius yang akan melakukan apa saja untuk menaikkan status kantor miliknya meski melindungi penjahat kejam yang dikejar-kejar oleh Jessica. Ini menjadi konflik antar kedua tokoh tersebut, dan mengakibatkan berpindahnya Jeri yang pada musim sebelumnya menjadi tokoh yang baik, musim ini ia perlahan namun pasti memasuki area antagonis. Karakter Jeri bisa dibilang cukup terbuang sia-sia, karena sepertinya Jeri hanya memperumit keadaan dan memperlambat alur cerita yang disuguhkan Jessica Jones. Ada kalanya ia mencoba membantu Jessica berdasarkan hati nurani, namun beberapa saat kemudian ia kembali menjadi pribadi yang angkuh. Maju-mundurnya kepribadian ia menghambat jalan cerita serial yang sudah berjalan selama tiga musim ini.

Selain itu ada karakter baru yang memasuki musim ini, bernama Erik Gelden. Pria yang secara tidak sengaja (atau sengaja) bertemu dengan Jessica di sebuah bar dan menjalin hubungan romantis. Erik menjadi salah satu tokoh yang mengimbangi kehidupan Jessica, yang membuatnya menjadi lebih manusia dan berusaha untuk menjalani kehidupan yang lebih normal. Namun, apa daya rupanya Erik memiliki masalah tersendiri yang ternyata berhubungan dengan Gregory, musuh Jessica di musim ini.

robinekariski-tv-series-krysten-ritter-sebagai-jessica-jones

Cukup sudah membicarakan tokoh kedua dan ketiga tersebut, karena kita harus membahas kedua tokoh utama pada musim ini, Jessica Jones dan Gregory Salinger. Jessica masih menjadi superhero yang kita sukai dan cintai, dengan Krysten memerankan karakter yang cuek dan sarkastik ini dengan sangat sangat sempurna. Setiap sarkasme yang diucapkannya begitu tepat dengan kepribadiannya dan penampilannya yang gelap.

Namun, dibalik itu semua ia masih menjadi seseorang yang peduli dengan warga sekitar dan mengetahui kekuatan yang dimilikinya bisa berdampak sangat buruk jika tidak dimanfaatkan dengan benar. Karena itu jugalah ia sangat tidak ingin untuk ikut campur masalah orang lain, karena tidak jarang semua tidak berjalan tidak sesuai rencananya.

Sementara Gregory sendiri menjadi antagonis yang cukup unik. Tidak keren, namun unik. Dengan akalnya, entah bagaimana, ia dapat menandingi Jessica dan Trish dengan selalu lolos dari apapun. Di musim ketiga, Gregory terkesan seperti penjahat yang sering kamu lihat di TV, di mana pembunuh berantai berkeliaran dan membunuh yang ia anggap tidak pantas. Tentu pertarungan antara Jessica yang memiliki kekuatan dan Gregory yang memiliki kelicikan menjadi keseruan yang terjadi pada musim ini.

Lagi-lagi Jesssica Jones menjadi serial yang sangat menarik, dengan musim terbarunya masih menyajikan cerita yang lebih seru dan lebih menegangkan dari serial dengan tema yang sama, meski beberapa cerita masih terkesan berantakan. Namun, sebagai musim penutup untuk Marvel di Netflix, musim ketiga Jessica Jones masih sangat kurang memuaskan dengan meninggalkan pertanyaan dan cerita yang menggantung, tidak memberikan konklusi yang memuaskan untuk para pahlawan yang kita gemari.

Musim ketiga Jessica Jones bisa kamu nikmati di layanan streaming Netflix.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s