Dark mungkin adalah satu-satunya acara serial yang diproduksi di Jerman yang saya tonton. Pertama kali tayang dua tahun yang lalu, Dark kembali dengan musim keduanya yang dirilis pada Juli lalu. Membawa tema sci-fi dan misteri, musim pertama Dark sangatlah ambisius meski hanya berlatar pada desa kecil yang bernama Winden.

Pada dasarnya, Dark menceritakan bagaimana kasus hilangnya para penduduk ternyata berhubungan dengan sebuah time travel yang sudah berlangsung sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Seiring terbongkarnya teknologi jelajah waktu, setiap penduduk Winden ternyata mulai mengungkap rahasia dan misteri gelap pada setiap keluarga di kota itu.

Dengan nama setiap karakter yang tidak familiar, jalur cerita yang non-linear dan teori yang sangat rumit, musim pertama Dark berhasil membuat isi kepala saya berputar-putar. Dan memasuki musim kedua, bukannya mendapat jawaban saya malah mendapatkan pertanyaan yang lebih banyak lagi.

Melanjutkan musim pertama, kita melihat Jonas sudah terlempar ke masa depan pada musim kedua, dan semakin lama ia maupun warga lainnya mulai mengkuak rahasia dan misteri yang ternyata belum terpecahkan, dan alhasil menemukan kebenaran maupun ramalan yang kelam dan membingungkan.

robinekariski-tv-series-bertambah-rumitnya-cerita-musim-kedua-dark

Berjarak sekitar dua tahun dari musim sebelumnya, tentu saya langsung bingung saat memasuki episode pertama di musim keduanya karena melupakan betapa kompleks cerita sebelumnya. Maka dari itu, sangat penting untuk menjelajahi internet terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang sudah terjadi sebelumnya sebelum memasuki musim kedua. Atau bisa juga menonton ulang musim pertama, cuma akan memakan waktu yang sangat lama untuk saya.

Karena memang betul, musim pertama Dark sudah sangatlah kompleks. Setiap episode, kamu mengetahui bahwa ternyata karakter ini memiliki hubungan dengan karakter itu, ternyata si ini adalah ayahnya si itu, dan itu akhirnya membuat saya berpikir kota Winden adalah satu keluarga besar. Seperti bagaimana ayah Jonas ternyata adalah teman mainnya dan adik dari pacarnya Jonas.

Membingungkan? Nah, musim kedua diperumit lagi. Apalagi ditambah dengan waktu yang berbeda, di mana musim kedua Dark menceritakan tidak tiga namun empat waktu yang berbeda, yaitu 1920an, 1950an, 1980an, dan 2020. Dan 2050an, jadi sebenarnya ada lima waktu yang berbeda.

Namun, meski Dark memiliki alur yang maju-mundur dan cerita yang luar biasa rumitnya, jika kamu bisa memecahkan setiap misteri dan rahasia maka kamu akan merasa sangat puas dan perasaan itu sangatlah berharga. Tentu saja setiap episode memerlukan konsentrasi yang tinggi untuk benar-benar mengerti apa yang telah terjadi. Tidak jarang saya harus memundurkan sebuah adegan beberapa detik hanya untun memahami apa yang baru saja dikatakan.

robinekariski-tv-series-bertambah-kelamnya-nuansa-musim-kedua-dark

Jika ingin berbicara nuansa, maka Dark memiliki nuansa yang kelam dan pada musim kedua, nuansa kelam terasa semakin gelap karena sinisnya cerita dan rahasia yang diungkapkan. Seperti setiap episode selalu memiliki rahasianya tersendiri yang siap untuk para penonton buka. Tidak ada basa-basi lagi, Dark selalu menceritakan ceritanya langsung menuju inti, dan itu membuat saya selalu tidak sabar untuk mengetahui apa yang akan saya ungkap selanjutnya.

Dark mungkin bukanlah sebuah seri yang mudah dicerna, karena ceritanya yang sangat ribet dan alurnya yang dapat berganti sesuka hati, namun jika kamu benar-benar memerhatikan apa saja yang sudah terjadi pada musim pertamanya, maka musim kedua akan menjadi lanjutan yang sangat seru untuk dijelajahi.

Kamu bisa menonton musim kedua Dark di layanan streaming Netflix.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s