Saya menyukai serial Orange is the New Black. Tunggu, biar saya menata ulang kalimatnya. Saya menyukai serial Orange is the New Black sebelum musim kelima. Dengan kumpulan karakter yang memiliki cerita dan sifat yang menarik, Penjara Litchfield menjadi salah satu destinasi terbaik untuk menemukan segudang kisah yang seru.

Namun, memasuki musim kelima cerita Orange is the New Black terasa berantakan, dengan kisahnya yang terasa tidak sekuat dan semenarik sebelumnya. Musim keenam pun juga lebih buruk lagi, dengan kebanyakan kita diharuskan mengabiskan waktu dengan karakter baru yang terasa membosankan, menyebalkan dan tidak menarik. Saat ingin menonton musim ketujuh, saya langsung lupa apa saja yang sudah terjadi pada musim keenam karena betapa membosankan serialnya menjadi.

Saat mendengar bahwa musim ketujuh Orange is the New Black adalah musim terakhirnya, tentu saja saya merasa khawatir bahwa mereka tidak dapat menutup kisah enam tahun dengan sempurna, namun saya salah. Musim ketujuh Orange is the New Black kembali seperti musim beberapa tahun sebelumnya, yaitu kembali menjadi sebuah kisah yang sangat memikat dengan cerita dari setiap karakter yang memberikan berbagai macam emosi ke penonton.

robinekariski-tv-series-taylor-schilling-sebagai-piper-chapman

Apa yang menarik dari serial ini adalah semakin lama waktu berjalan, semakin menonjol karakter-karakter pembantu yang muncul secara konsisten pada setiap episode. Tokoh utama Piper Chapman (Taylor Schilling) juga semakin lama semakin tidak dianggap sebagai tokoh utama, melainkan diperlakukan sebagai tahanan lainnya di Penjara Litchfield. Karakter lainnya, seperti Taystee (Danielle Brooks), Suzanne (Uzo Aduba) dan Joe Caputo (Nick Sandow) terasa lebih sering mencuri perhatian saya dengan cerita yang sangat seru.

Saya pun juga dengan senang melihat perubahan sifat yang dialami beberapa karakter, seperti Pennsatucky (Taryn Manning) dan Fig (Alysa Reiner) yang sebelumnya kita sering melihat karakter mereka dengan menyebalkan, namun sekarang kita sering mendukung mereka untuk melewati setiap masalah yang dihadapinya.

Tidak hanya karakternya yang kembali memberikan cerita yang lebih hidup, namun dari segi cerita sendiri Orange is the New Black kembali menyajikan cerita yang serius namun diimbangi dengan komedi yang terasa segar dan cocok untuk setiap karakternya, seperti bagaimana kita dapat melihat betapa eksentriknya hubungan antara Nicky (Natasha Lyonne) dan Red (Kate Murglew).

Tidak jarang juga kita disajikan cerita yang cukup berat, dan musim ini lebih mengutamakan masalah imigran gelap dan deportasi. Kita juga dapat berkenalan dengan beberapa karakter baru yang tertangkap di tempat dan waktu yang tidak tepat. Kembali lagi, masalah imigran dan deportasi terasa seperti sebuah kritik terhadap pemerintah Amerika Serikat atas bagaimana mereka menyikapi masalah yang tidak sepele tersebut, yang rasanya memang relevan dengan situasi yang sering dijumpai di berita-berita kehidupan nyata.

robinekariski-tv-series-maritza-ramos-yang-harus-terkena-masalah-imigrasi

Namun meski musim ini terasa jauh lebih berat dan emosional dari sebelumnya, kita masih sering bertemu dengan karakter lama yang sering kita jumpai dan cintai. Kita masih melihat bagaimana Piper mengatur kehidupannya di luar penjara. Kita juga melihat bagaimana istri Piper, Alex beradaptasi dengan kehidupan penjara tanpa istrinya. Semua karakter yang kita jumpai memiliki momennya masing-masing, sehingga saat menutup serial ini, semua karakter memiliki penutupnya tersendiri, meski tidak semuanya memiliki penutup yang seindah lainnya.

Jika kamu khawatir apakah ada karakter yang terlewatkan, maka tenang saja karena musim ketujuh ini Orange is the New Black dengan hebatnya mampu menyempatkan waktunya untuk mengakhiri cerita setiap karakter yang dimilikinya. Bahkan, kamu dapat melihat beberapa wajah lama yang sudah tidak kamu jumpai, dan momen sekilas itu dapat memberikan kesan nostalgia yang sangat kuat dan membuat penonton menjadi lebih terharu. Setelah tujuh musim, Orange is the New Black dengan sempurna menutup perjalanan Piper dan kawan-kawannya (Tidak semuanya adalah kawannya, sih) dengan perpisahan yang indah sekaligus menyedihkan.

Kamu sudah dapat menyaksikan musim terakhir Orange is the New Black di layanan streaming Netflix. Atau mungkin jika kamu baru ingin memulainya, maka sekarang adalah saat yang tepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s