Do not fuck with the Peaky Blinders!” Sepertinya kalimat tersebut menjadi kalimat suci para anggota geng kriminal Peaky Blinders, sebuah organisasi gelap yang bermarkas di Birmingham, Inggris. Setiap mereka berhasil menguasai suatu tempat, atau setiap mereka berhasil mengalahkan musuh mereka, kalimat tersebut akan lantang terdengar dari salah satu anggota mereka untuk mengintimidasi lawan. Akhirnya, kalimat tersebutlah yang mendeskripsikan geng yang dipimpin oleh Thomas Shelby (Cillian Murphy) itu, yaitu vulgar, brutal, dan liar.

Namun pada musim kelima, kalimat tersebut seperti jarang sekali terdengar. Saya hanya ingat sekali mendengar kalimat itu. Jarangnya mereka mengatakan kalimat suci mereka tersebut menandakan bahwa geng Peaky Blinders sudah tidak sebengis sebelumnya, tidak seliar sebelumnya, dan seperti sudah lumayan menjauhi dunia kriminal. Itu betul, karena sang pemimpin mereka, Thomas, sudah memasuki dunia politik.

Musim kelima Peaky Blinders melanjutkan ceritanya dari sebelumnya, di mana Thomas berhasil menjadi salah satu anggota Member of Parliament, semacam DPR untuk Inggris. Tidak hanya itu, ia juga mendapatkan gelar baru, yaitu OBE untuk namanya, sebuah gelar prestisius yang tidak sembarang orang bisa dapatkan. Dengan posisinya yang baru, ia dapat menguasai dunia kriminal lebih bebas karena ia dapat mengetahui apa saja yang terjadi di balik layar dunia politik.

robinekariski-tv-series-cillian-murphy-sebagai-thomas-shelby

Tentu saja dengan jabatan terbarunya di dunia politik, ia juga mendapatkan musuh terbaru. Musim ini, Oswald Mosley (Sam Claflin), salah satu anggota Member of Parliament juga, menjadi lawan Thomas yang bisa dibilang jauh berbeda dari lawan-lawan sebelumnya. Tidak lagi Thomas melawan pemimpin geng seperti Billy Kimber (Charlie Creed-Miles) atau Derby Sabini (Noah Taylor), kali ini ia beradu dengan seseorang yang tidak hanya jauh lebih pintar, namun juga jauh lebih licik dan lebih kaya.

Hubungan sengit antara Thomas dan Oswald menjadi elemen utama berjalannya musim kelima Peaky Blinders. Thomas tidak pernah menemukan lawan seperti Oswald, sehingga ia digambarkan sebagai seseorang yang sering frustasi, yang sering merasa dunianya gagal total. Hubungan antara dirinya dengan keluarganya juga semakin menjauh, di mana ia selalu bersitegang dengan sepupunya, Michael Gray (Finn Cole) dan menjauh dari istrinya, Lizzie (Natasha O’Keeffe). Itu semua menjadikan Thomas sebagai karakter yang sering merasa terisolasi, dan dirinya menjadi lebih kelam pada musim ini.

Oswald sendiri adalah karakter yang cukup segar, di mana ia dapat memberikan tantangan yang baru kepada Thomas dan penonton, sehingga saya selalu merasa apa yang akan dilakukannya tidak bisa ditebak dengan mudah. Kepiawaiannya untuk memutarbalikkan strategi Thomas menjadikan dirinya lawan tersulit yang pernah Thomas lawan, mungkin saja lebih sulit dari Mayor Chester Campbell (Sam Neill), musuh bebuyutan Thomas pada musim pertama dan kedua.

robinekariski-tv-series-oslwad-mosley-menjadi-musuh-terbaru-thomas-shelby

Peaky Blinders tidak hanyalah karakter mereka berdua. Banyak karakter lainnya yang ikut menghias musim kelima, seperti Arthur Shelby (Paul Anderson), sang kakak dari Shelby bersaudara yang juga mengalami masalah rumah tangga dengan istrinya, Linda (Kate Phillips). Arthur, di musim kelima ini menjadi lebih dewasa dari sebelumnya, di mana sebelumnya ia masih sulit menerima bahwa adiknya yang menjadi penguasa Peaky Blinders. Musim ini, ia sudah menerima kenyataan tersebut dan selalu patuh dan melindungi Thomas dari segala bahaya dan ancaman.

Terlepas dari semua itu, musim kelima Peaky Blinders mencoba untuk menawarkan hal yang baru kepada penonton, yaitu apa yang terjadi jika dunia politik bergesekan langsung dengan dunia kriminal. Mungkin saja musim ini masih terasa kurang dari musim-musim sebelumnya karena mereka masih mencoba untuk menyesuaikan bagaimana kedua dunia tersebut bergabung. Berbeda dari musim sebelumnya di mana masalah selalu diselesaikan dengan perang terbuka dan besar-besaran, musim ini masalah diselesaikan dengan berpikir. Memang tidak sebagus, sebengis, ataupun seliar musim-musim sebelumnya, namun musim kelima Peaky Blinders tetap saja menjadi kelanjutan keluarga Shelby yang sangat menarik dan menyiapkan musim selanjutnya dengan cukup tepat.

Musim kelima Peaky Blinders sudah tersedia di Netflix.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s