Tahun ini adalah tahun yang cukup baik untuk film. Menyentuh bulan Desember ini, kita sudah disuguhkan berbagai macam jenis film yang berbeda-beda. Mulai dari film superhero Avengers: Endgame, film aksi John Wick: Chapter 3 – Parabellum, film horror Midsommar, sampai film komedi gelap Parasite.

Namun tidak sedikit juga film-film indie yang kurang dikenal banyak warga tapi memiliki kualitas yang sangat-sangat bagus, bahkan sampai dapat menyaingi film dengan anggaran yang jauh lebih besar. Salah satu dari film indie tersebut adalah The Farewell.

The Farewell, film rilisan studio A24, menceritakan sebuah keluarga Tionghoa di New York yang mengetahui bahwa nenek mereka yang tinggal di Tiongkok tidak memiliki waktu banyak untuk hidup, dan memutuskan untuk tidak memberitahunya dan mengadakan reuni keluarga di kampung halaman mereka.

The Farewell adalah film yang bertemakan tentang keluarga sekaligus hubungan dari setiap anggotanya. Bagaimana hubungan antara cucu dan nenek yang sudah lama tidak pernah bertemu secara langsung akhirnya harus bertemu dalam situasi yang sangat tidak nyaman.

robinekariski-film-kisah-film-the-farewell-terinsipirasi-dari-sutradara-lulu-wang

“Apakah kamu mengenakan topi?”, “Nenek mendengar bahwa di New York orang akan menjambret antingmu”, begitu beberapa pertanyaan sang nenek, Nai Nai (Zhao Shuzhen) kepada cucunya, Billi (Awkwafina) yang tinggal di New York. “Jangan kuatirkan aku, nenek”, jawab Billi yang terus berusaha untuk meredamkan kecemasan neneknya.

Jika kamu adalah seorang perantau yang sedang berkuliah atau bekerja di luar kota dan jauh dari keluarga, maka kamu juga akan secara langsung merasakan familiar dengan percakapan tersebut. Orang tua yang selalu khawatir terhadap dirimu di tengah liarnya perkotaan.

Itulah mengapa saya, yang juga perantau karena harus berkuliah di luar kota, dapat secara langsung merasakan apa yang dirasakan Billi, untuk harus berjauh dari keluarga karena memang jarak tinggal yang sangat jauh, menjadikan film ini sesuatu yang bisa saya rasakan secara pribadi.

Kemudian, dua aktris dalam film ini adalah yang juga sangat saya kagumi, Awkwafina dan Zhao Shuzhen. Awkwafina, yang mungkin lebih dikenal sebagai rapper sebelum terjun ke dunia film, pertama kali bermain di film komedi Ocean’s 8 dan berperan sebagai pemeran pembantu di Crazy Rich Asian.

robinekariski-film-zao-shuzhen-sebagai-nai-nai-dan-awkwafina-sebagai-billi-wang

Di The Farewell, ia memerankan Billi Wang, seorang warga Tionghoa yang harus pindah ke Amerika Serikat karena orang tuanya yang memutuskan untuk berpindah kerja. Jika keluarga yang lainnya setuju dengan keputusan untuk menyembunyikan kebenaran terkait penyakit yang dimiliki Nai Nai, berbeda dengan Billi. Ia enggan berbohong kepada satu-satunya keluarga yang sangat ia pedulikan.

Perasaan itulah yang membuat dirinya selalu berdebat dengan anggota keluarga lainnya, dengan dirinya percaya bahwa Nai Nai pantas untuk mengetahui kondisinya. Billi adalah seseorang yang akhirnya memiliki sifat yang cukup kompleks, dan tidak tahu harus berbuat apa, dan Awkwafina memerankan karakter tersebut dengan sangat baik. Bahkan saya berani mengatakan penampilannya patut mendapatkan raihan penghargaan untuk akting aktris terbaik tahun ini.

Jika film besar yang dirilis pada tahun ini, seperti Joker yang menyinggung masalah mental dan membuat penonton tidak enak, maka The Farewell adalah film yang membuat hati penonton hangat dan juga tersentuh. Interaksi antara keluarga saat reuni di dalam film tersebut tergambarkan secara tulus dan jujur, di mana kita sebagai penonton juga dapat berhubungan secara langsung. Awkwafina juga bersinar di film yang tidak hanya menyinggung masalah keluarga, namun juga menyinggung perbedaan budaya Barat dengan Timur.

The Farewell sudah dirilis dalam bentuk digital dan Blu-Ray pada awal November lalu, dan sudah bisa langsung kamu tonton. Ini tentu adalah salah satu film terbaik tahun ini yang tidak ingin kamu lewatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s