The Mandalorian adalah percobaan terbaru Star Wars untuk meluaskan franchise mereka. The Mandalorian adalah sebuah serial yang tayang di layanan streaming Disney+, layanan streaming baru dari Disney dan upaya terbaru mereka untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar layanan streaming lainnya (Tentu saja juga untuk bersaing dengan Netflix).

Berisikan 8 episode pada musim pertamanya, The Mandalorian mengambil waktu beberapa tahun setelah Return of the Jedi, dan jauh sebelum The Force Awakens. Kita diperkenalkan dengan tokoh utama kita, seorang tentara bayaran dan pemburu hadiah tidak bernama yang sering dipanggil Mando (Pedro Pascal).

Mando, yang juga adalah seorang anggota kelompok untuk sesama pemburu hadiah, mendapatkan pekerjaan pada suatu hari untuk mengantarkan sebuah paket misterius kepada seseorang yang mungkin memiliki hubungan untuk Empire. Tidak diketahui, paket tersebut ternyata adalah makhluk hidup kecil yang dipanggilnya The Child (Atau Baby Yoda, yang sering dipanggil oleh internet karena satu ras dengan karakter Yoda).

Mungkin karena merasa iba ataupun khawatir dengan keselamatannya, Mando memutuskan untuk menyelamatkan The Child itu sendiri dan bersamanya mencari tempat hidup yang lebih baik untuk makhluk kecil tersebut. Dimulailah petualangan keduanya, mengunjungi satu planet ke planet lainnya.

robinekariski-tv-series-the-mandalorian-berlatar-tepatnya-lima-tahun-setelah-return-of-the-jedi

Jika harus berkaja jujur, The Mandalorian berhasil menembus segala ekspetasi saya. Ini adalah sebuah serial yang mesti berada di satu universe dengan Star Wars, namun memiliki struktur yang sangat berbeda. The Mandalorian tidaklah mengandalkan besarnya dunia Star Wars, namun berpusat pada dua karakternya, Mando dan Baby Yoda.

Struktur berbeda yang saya maksud adalah The Mandalorian memiliki struktur seperti film western lawas, ataupun film spaghetti-western tahun 1960-an. Di sini kita melihat Mando, seorang diri di gurun pasir ataupun perkotaan kumuh, menjalankan sebuah misi sembari menembak-nembakkan senapan miliknya terhadap musuh-musuhnya sepanjang jalan. Tidak hanya ini sangat menarik, namun juga memberikan pandangan baru kepada bagaimana kita melihat Star Wars.

The Mandalorian berhasil dalam menceritakan sebuah cerita yang untuk pertama kalinya tidak bersangkutan dengan karakter-karakter utama pada film Star Wars. Serial ini berhasil membuat karakter-karakter baru yang berdasarkan dengan karakter di Star Wars, kemudian mengembangkannya menjadi karakter yang berwarna-warni dan juga seru untuk dilihat.

robinekariski-tv-series-senapan-mando-terinspirasi-oleh-senjata-milik-boba-fett-pada-star-wars-holiday-special

Mando, sebagai contohnya. Mando adalah seorang pemburu hadiah yang juga satu ras dengan Boba Fett maupun Jango Fett dari film Star Wars. Selama 8 episode, ia selalu mengenakan baju zirah miliknya yang mengkilap dan helmnya yang keren sekaligus misterius. Meski jarang berbicara, Pedro Pascal berhasil menaruh sebuah kepribadian kepada dinginnya Mando. Entah dari gerak-geriknya, ataupun dari bagaimana ia mengucapkan satu atau dua kalimat, Mando tidak menjadi karakter yang membosankan melainkan menjadi karakter yang keren, karakter yang selalu berhasil untuk menahan segala emosi miliknya.

Mando mengingatkan saya dengan karakter The Man with No Name yang dimainkan Clint Eastwood pada film spaghetti-western A Fistful of Dollar, For a Few Dollars More dan The Good, The Bad, and The Ugly. Anehnya, Mando juga mengingatkan saya dengan karakter Sanjuro pada film Jepang Yojimbo yang diperankan oleh Toshiro Mifune. Ketiga karakter ini adalah seorang diri yang bebas berkelana ke mana saja, menemukan dirinya ditengah situasi di mana ia akan melawan sekumpulan musuh, dan menang pada akhirnya. Ketiganya memiliki rasa tenang yang menurut saya cukup keren, dan ketiganya juga adalah tipe seseorang yang tahu apa yang ingin dilakukannya.

Tetapi bukanlah Mando, meski dengan segala kegagahannya, yang mencuri perhatian saya. Adalah Baby Yoda, makhluk mungil berwarna hijau dengan matanya yang bulat dan besar, kupingnya yang lancip dan tinggi serta tangannya yang mungil, yang berhasil mencuri hati setiap penonton.

robinekariski-tv-series-donald-glover-yang-mengatakan-untuk-merahasiakan-baby-yoda-hingga-keluarnya-the-mandalorian

Di tengah bengisnya perang dan kacaunya alam semesta semenjak kejatuhan Empire di Return of the Jedi, Baby Yoda berhasil menangkap perhatian semuanya yang ia temui karena mayoritas tidak biasa untuk bertemu makhluk seperti ini, kecil dan tidak berbicara. Apakah ini peliharaannya Mando? Makhluk apakah ini? Apa hubungan makhluk ini dengan Mando? Meski Mando sendiri tidak mengetahui apa asal-usul Baby Yoda dan mengapa ia begitu diincar, namun ia memutuskan untuk melindunginya dan hubungan keduanya menjadi hal yang paling menonjol dalam The Mandalorian.

Jika ada yang tidak saya sukai dari seluruh serial ini, mungkin tertuju pada episode 5,”The Gunslinger”. Di sini, Mando menemukan orang muda ambisius yang ingin memasuki kelompok pemburu hadiahnya Mando dan meminta bantuan untuk menangkap salah satu buronan. Saya tidak merasakan keseruan maupun kesenangan dalam episode ini, dan juga tidak memahami tujuan sebenarnya dari episode ini. Ini adalah contoh salah satu episode yang tidak masalah jika dilewati.

Namun terlepas dari episode 5, The Mandalorian adalah serial yang sangat seru untuk dilalui. Membawa Baby Yoda bersamanya, Mando juga adalah salah satu karakter yang cukup keren, tidak lepas dari performanya Pedro Pascal yang mengagumkan. Untuk penggemar lama maupun penggemar baru Star Wars, The Mandalorian adalah serial space-western yang patut dicoba.

The Mandalorian sudah bisa disaksikan di layanan streaming milik Disney, Disney+.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s