2019 sebetulnya adalah tahun yang sangat baik untuk film. Baik film drama, film komedi, film drama-komedi, film misteri, film horror, film luar angkasa, kita sebagai penonton tidak henti-hentinya disuguhkan karya seni yang mengagumkan maupun membukakan mata.

Meskipun akan cukup sulit, namun saya akan berusaha untuk menamakan 10 film terbaik saya pada tahun 2019 yang membuat saya terus berpikir mengenai film tersebut.

10. Marriage Story

robinekariski-film-salah-satu-film-terbaik-2019-marriage-story

Lucu namun menyedihkan. Manis namun juga pahit. Meski memiliki nama Marriage Story, namun film ini bukanlah menceritakan sebuah pernikahan melainkan sebuah perceraian antara Charlie dan Nicole Barber yang dimainkan dengan baik oleh Adam Driver dan Scarlett Johansson.

Ini mungkin saja adalah film yang akan membuat mata berkaca-kaca, tetapi Marriage Story juga bisa memberikan pandangan baru kepada penontonnya. Tidak semua cerita akan berjalan dengan mulus.

Baca bagaimana Marriage Story adalah film yang manis, lucu, romantis sekaligus menyakitkan di sini.

9. John Wick: Chapter 3 – Parabellum

robinekariski-film-salah-satu-film-terbaik-2019-john-wick-chapter-3-parabellum

Meski sudah memasuki film yang ketiga, John Wick tetap tidak melihatkan tanda-tanda akan turunnya dalam segi kreativitas. Justru film ketiganya, Parabellum, memberikan banyak aksi-aksi yang sangat seru dan belum pernah saya lihat sebelumnya.

Chad Stahelski selaku sutradara dengan piawainya membuat Parabellum suatu karya yang indah dengan mainan cahaya lampu dan juga sangat seru dengan keliaran yang dikeluarkan oleh Keanu Reeves sebagai tokoh utama. Ini adalah salah satu trilogi paling konsisten yang pernah saya lihat, di setiap filmnya selalu menyuguhkan atraksi-atraksi yang sangat luar biasa.

8. Knives Out

robinekariski-film-salah-satu-film-terbaik-2019-knives-out

Knives Out mungkin saja adalah film misteri pembunuhan terpintar yang pernah saya tonton. Rian Jonhson sukes membuat film yang sedemikian rumitnya namun tidak terasa membingungkan. Setiap barang bukti yang ditemukan diperlakukan sebagai sebuah kejutan yang menyenangkan.

Menonton dua kali di bioskop, saya tetap tidak kehilangan keseruan yang dimiliki film ini.

Baca bagaimana Knives Out dengan pintarnya memecahkan setiap teka-teki yang dimilikinya di sini.

7. Ad Astra

robinekariski-film-salah-satu-film-terbaik-2019-ad-astra

Jika masih ada yang meragukan kemampuan akting Brad Pitt, maka biarkan orang yang berpikiran tersebut menonton Ad Astra. Ini adalah sebuah film luar angkasa yang dramatis dan tidak terburu-buru, sebuah film yang menunjukkan bahwa luar angkasa adalah sesuatu yang sangat megah dan indah sekaligus mematikan.

Brad Pitt memerankan karakternya dengan sangat lihai, di mana ia berhasil menunjukkan sisi emosionalnya hanya dengan raut wajahnya. Ini bukanlah film yang penuh aksi, melainkan sebuah petualangan mengenai betapa besarnya luar angkasa.

Baca juga bagaimana Ad Astra dapat menampilkan megahnya luar angkasa di sini.

6. Parasite

robinekariski-film-salah-satu-film-terbaik-2019-parasite

Film terpintar tahun 2019? Kira-kira begitulah pendapat para penonton setelah menonton film komedi gelap karya Bong Joon-ho, di mana film tersebut menceritakan usaha keluarga miskin untuk bekerja pada sebuah keluarga kaya raya dan memanfaatkannya.

Parasite adalah film yang mungkin saja hanya muncul beberapa kali dalam puluhan tahun. Sebuah film yang dapat menggabungkan komedi di tengah seramnya sebuah situasi. Film yang bisa menjadi drama sekaligus thriller. Yang pasti, Parasite adalah salah satu film Korea Selatan terbaik yang pernah muncul di muka bumi, dan saya tidak berlebihan.

Baca bagaimana Parasite berhasil menjadi film terbaik tahun ini didampingi humor gelapnya di sini.

5. The Farewell

robinekariski-film-salah-satu-film-terbaik-2019-the-farewell

Manis, lucu sekaligus menyentuh, The Farewell adalah film yang tidak hanya menyinggung masalah keluarga namun juga menyinggung mengenai bedanya budaya antara budaya Barat dengan Timur.

Tidak hanya itu, The Farewell juga menampilkan performa Awkwafina sebagai akting wanita terbaik pada 2019, dan saya yakin masih tidak percaya bagaimana dirinya tidak mendapatkan nominasi di Academy Awards untuk penampilannya sebagai Billi Wang.

Baca bagaimana The Farewell menjadi film yang wajib ditonton di sini.

4. Joker

robinekariski-film-salah-satu-film-terbaik-2019-joker

Joker mungkin saja adalah film paling panas tahun 2019. Kritikus terbelah dua saat bersangkutan dengan film yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix tersebut. Namun, saya sendiri berada pada pihak yang mengatakan bahwa ini adalah sebuah mahakarya.

Joker berhasil menyulap karakter tersebut menjadi seorang yang memiliki latar belakang yang bisa dipercaya sekaligus sukar untuk dipahami, seseorang yang selalu tertimpa sial di tengah buruknya sebuah masyarakat. Ini adalah film yang berhasil mengubah cara pandang para penonton terhadap film yang diadaptasi dari buku komik, tidak lagi kita hanya menjelajahi karakter superhero, namun juga kita bisa menemukan hal yang baru saat menceritakan seorang supervillain.

Baca bagaimana Joker berhasil menemukan resep yang tepat untuk cerita asal-muasalnya di sini.

3. The Lighthouse

robinekariski-film-salah-satu-film-terbaik-2019-the-lighthouse

Ini adalah film horror terbaik yang pernah saya tonton. Tidak hanya untuk tahun 2019, namun selama saya hidup sejauh ini. Dan 2019 dipenuhi dengan film horror yang cukup mengagumkan. Kita memiliki Midsommar, Us, The Head Hunter, Ready or Not. The Lighthouse berhasil menonjol dari semua film tersebut dengan dua karakternya yang eksentrik, format filmnya yang unik dan ceritanya yang misterius dan menggigil.

Saya sangat menggemari bagaimana baik Robert Pattinson maupun Willem Dafoe memainkan satu sama lainnya dengan tingkah lakunya yang aneh, kelicikannya yang sangat jahat dan interaksi keduanya yang sangat sulit untuk ditebak. Pengalaman pertama menonton The Lighthouse adalah pengalaman yang akan menjadi sangat berharga karena betapa misteriusnya dunia itu.

Baca bagaimana The Lighthouse menjadi horror terbaik di sini.

2. The Irishman

robinekariski-film-salah-satu-film-terbaik-2019-the-irishman

Martin Scorsese, Robert De Niro, Joe Pesci, dan Al Pacino. Keempat nama tersebut saja sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk meyakinkan saya bahwa The Irishman akan menjadi salah satu film legendaris. Dan memang betul, The Irishman berjalan bagaikan sebuah puisi yang epik, sebuah film yang indah dan mengagumkan sekaligus menyentuh.

Film tidak hanya menjadi salah satu film terbaik 2019, namun juga menjadi film gangster terbaik semenjak munculnya The Godfather dan sequel-nya. Tidak hanya itu, film ini juga terasa seperti sebuah penutup dari gemilangnya karir Martin Scorsese, sebuah film yang berhasil menjadi sebuah monumen dari semua film-film yang pernah ia buat sebelumnya.

Baca bagaimana Martin Scorsese berhasil membangkitkan genre gangster bersama The Irishman di sini.

1. Once Upon a Time… in Hollywood

robinekariski-film-salah-satu-film-terbaik-2019-once-upon-a-time-in-hollywood

Disajikan sebagai film ke-9 Quentin Tarantino (Jika menganggap kedua film Kill Bill sebagai satu film), Once Upon a Time… in Hollywood sering dideskripsikan sebagai surat cinta Quentin kepada dunia Hollywood. Ini adalah film yang tidak terburu-buru untuk menceritakan kisahnya, sebuah film yang dengan santainya melewati setiap detiknya dengan nuansa yang sangat 60-an ditambah dengan dua aktornya yang dinamis menjadikan film ini sangat mudah untuk dinikmati.

Saat mengatakan bahwa ia hanya ingin membuat 10 film saja, Once Upon a Time… in Hollywood juga terasa seperti surat perpisahan dari Quentin kepada penggemarnya. Film yang dapat kita rasakan betapa dalamnya rasa sayang Quentin kepada Hollywood ini menjadi tidak hanya film terbaik tahun 2019, namun juga menjadi film terbaik sepanjang dekade tersebut.

Baca bagaimana Once Upon a Time… in Hollywood membawa nuansa tahun 60-an nya di sini.

Baca juga bagaimana karakter Rick Dalton dan Cliff Booth menjadi dua karakter terbaik tahun 2019 di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s