Pada perhelatan acara penghargaan Academy Awards yang ke-92 pada 9 Februari lalu, sebuah kejutan telah terjadi. Dan kejutan yang sangat menyenangkan rupanya. Parasite berhasil meraup 4 Oscar (Sebutan untuk piala Academy Awards) yang menjadikannya sebagai film dengan kemenangan terbanyak pada malam itu dan juga berhasil memenangkan Best Picture, mengalahkan film-film kelas atas lainnya seperti Once Upon a Time… in Hollywood, The IrishmanMarriage Story dan Joker.

Pada malam itu, bahkan sebelum pemenang Best Picture diumumkan, Parasite sudah menunjukkan bahwa film ini akan memenangkan penghargaan tertinggi tersebut. Bong Joon-ho, sang penulis sekaligus sutradara film Korea Selatan tersebut, sudah menyabet 2 penghargaan untuk Best Original Screenplay, mengalahkan pembuat film terkenal seperti Quentin Tarantino (Once Upon a Time… in Hollywood) dan Rian Johnson (Knives Out). Ia juga memenangkan Best Director, mengalahkan sutradara veteran seperti Martin Scorsese (The Irishman) dan Sam Mendes (1917).

Dan saat Best Picture diumumkan, Parasite mengumumkan bahwa dirinya adalah film terbaik 2019. Sebuah film yang dibuat di Korea Selatan, dibuat oleh sutradara Korea Selatan, dimainkan oleh pemain film dari Korea Selatan, dengan bahasa Korea, berhasil mengalahkan film buatan Hollywood. Parasite berhasil mengukir sejarah menjadi film yang tidak berbahasa Inggris pertama yang memenangkan Best Picture.

Ini tidak hanya sebuah sejarah untuk Korea Selatan, namun juga untuk negara lainnya yang jarang dipandang oleh kebanyakan penonton. Kemenangan sebuah film Korea Selatan di ajang yang mayoritas kontestannya adalah film produksi Hollywood membuka peluang untuk menarik perhatian para penonton kepada negara-negara lain yang membuat film yang sangat baik namun tidak diperhatikan oleh masyarakat luas. Seperti negara-negara di Asia yang bahkan penduduk Indonesia mungkin jarang mendengarnya.

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (Indonesia), Shoplifters (Jepang), dan Shadow (Tiongkok) adalah contoh-contoh dari film produksi Asia yang sangat jarang diperbincangkan namun memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya dengan film-film produksi Hollywood yang sering kita lihat di papan iklan bioskop maupun di internet.

Dengan menangnya Parasite di Academy Awards, maka kejutan tersebut secara langsung memberikan dampak yang sangat positif ke dunia perfilman di Asia. Salah satunya adalah sosial media. Semenjak kemenangan Parasite, pengguna sosial media mulai merekomendasikan para pengguna lainnya untuk mencoba beberapa film Korea Selatan maupun film non-Inggris lainnya. Ini tentu akan menyadarkan beberapa penonton, terutama di luar negeri yang sangat tidak menyukai film dengan subtitle, bahwa film yang bagus tidak hanya dibuat dengan bahasa Inggris.

Seperti yang dikatakan Bong Joon-ho saat menerima piala penghargaan Golden Globes, “Once you overcome the 1-inch-tall barrier of subtitles, you will be introduced to so many more amazing films.” Selama penonton sudi untuk mencoba subtitle, maka mereka akan menemui betapa banyaknya film-film bagus yang dibuat di seluruh negeri. Tidak hanya Asia, namun juga di belahan dunia lainnya.

Tidak lagi penonton tidak mengacuhkan film-film buatan Asia. Saya memang jarang menonton film Indonesia karena sangat sulit untuk menemukan film yang memang cocok untuk saya. Film Indonesia kalau tidak komedi, romantik, horror. Saya hanya berharap dengan kemenangan Parasite, para pembuat film di Indonesia juga mulai lebih berani untuk membuat genre film yang berbeda dari biasanya. Film thriller mungkin, yang sangat jarang ditemui. Saya tetap masih berharap bagi para pembuat film di Indonesia untuk lebih berani membuat film seperti Marlina, menunjukkan bahwa kita tidak kalah baiknya dalam membuat sebuah film.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s