Sudah berapa kali Mark Wahlberg memainkan karakter seorang polisi? Sersan Sean Dignam di The Departed, Detektif Terry Hoitz di The Other Guys, dan Sersan Tommy Saunders di Patriots Day adalah beberapa contoh dari film di mana Mark bermain seorang tokoh yang ingin menegakkan hukum di masyarakat. Film terbarunya lagi-lagi ia memerankan seorang polisi di film terbaru Netflix, Spenser Confidential yang disutradarai oleh Peter Berg dalam kolaborasi kelimanya bersama Mark Wahlberg.

Di sini, Mark memerankan seorang karakter benama Spenser. Spenser adalah seorang tahanan yang baru saja keluar dari penjara. Menariknya, ia juga adalah mantan polisi dan harus menerima hukuman karena memukuli kapten terdahulunya, Kapten Boylan (Michael Gaston). Tepat sebelum keluar dari penjara, Spenser dikepung oleh beberapa tahanan lainnya, namun ia masih bisa melindungi diri dan menghajar tahanan lainnya yang diperankan oleh rapper Post Malone dan petarung UFC Donald “Cowboy” Cerrone. Hei, kapan lagi kamu bisa menghajar seorang rapper dan menyeruduk petarung bela diri?

Dari sini kita bisa melihat Spenser adalah seseorang yang memiliki kode moral yang tinggi, rela menghajar atasannya karena Kapten Boylan terlibat dalam KDRT. Dan Spenser rupanya juga bisa melindungi diri, menghajar 3 orang sekaligus bukanlah hal yang mudah. Keluar dari penjara, Spenser terlibat dalam konspirasi dan korupsi yang sedang terjadi di kepolisian. Ia juga kesulitan untuk mencari kebenaran karena polisi-polisi lainnya juga membenci Spenser karena berani berantem dengan sang kapten.

Spenser Confidential mungkin terlihat kesulitan ingin membawa genre apa. Komedi, action, misteri? Semua itu sayangnya terkesan setengah-setengah. Apakah film ini lucu? Tidak terlalu, film ini hanya terus-menerus mengandalkan reaksi setiap karakternya untuk memancing tawa penonton tetapi tidak banyak yang berhasil dan malahan hanya beberapa saja yang sukses. Apakah film ini cukup keras agar bisa masuk ke dalam action? Juga tidak karena meski film ini memang memiliki beberapa adegan baku hantam dan tembak-menembak, semuanya terasa terlalu cepat berlalu dan tidak menegangkan. Misteri? Tidak, film ini terlalu mudah dalam mengungkap setiap konspirasi yang ada.

robinekariski-film-spenser-confidential-berdasarkan-serial-novel-misteri-spenser

Tidak hanya genre film yang terasa tidak teratur, namun filmnya juga terasa berjalan terlalu cepat dan lambat secara bersamaan. Setiap adegan terasa dibuat buru-buru namun tetap melambatkan jalan cerita yang akhirnya membuat film tersendat-sendat. Semua berjalan terlalu cepat, namun juga terasa berjalan sangat lama. Ini cukup disayangkan karena cerita yang dimiliki mungkin saja cukup seru, namun juga pemain film yang dimilikinya juga bukan pemain sembarang.

Spenser tidak sendirian dalam mengemban tugasnya. Keluar dari penjara, ia tinggal di rumah pelatih sekaligus mentornya, Henry (Alan Arkin). Henry adalah orang tua yang sarkastik dan menjadi karakter comic relief di film, di mana dirinya sering menasihati Spenser atas apa yang akan dilakukannya. Spenser juga tinggal sekamar dengan Hawk (Winston Duke), seseorang yang ingin memasuki dunia MMA dan juga dilatih dengan Henry. Dengan ukuran badan yang demikian besar ia tidak tanggung-tanggung untuk menghajar seseorang, bahkan pada satu titik ia sampai mendorong lawannya menembus tembok dengan tenaganya yang besar yang akhirnya menakuti lawan lainnya.

Spenser Confidential secara langsung mengingatkan saya dengan film Mark Wahlberg lainnya yang dirilis pada tahun 2010, The Other Guys. Dibintangi juga oleh Will Ferrell dan Michael Keaton, The Other Guys — sama seperti Spenser Confidential — juga adalah film action komedi di mana dua detektif ingin mengungkap suatu kasus besar. Mungkin saya mengingat film itu karena film ini jugalah berjenis yang sama, atau mungkin juga karena film ini sama-sama dibintangi oleh Mark Wahlberg yang menjadi seorang polisi di film komedi. Namun The Other Guys berhasil mencentang semua yang diperlukannya. Lucu? Iya. Penuh aksi? Iya. Cerita yang menarik? Juga iya. Sementara Spenser Confidential? Tidak.

Mark Wahlberg memang pemain film yang menyenangkan untuk dilihat di film komedi. Selain The Other Guys, juga ada Daddy’s Home dan Ted, di mana mungkin tidak semuanya adalah film yang bagus namun dia memiliki bakat yang menarik untuk mengundang tawa. Mungkin karena wajahnya yang terkesan serius bekerja di film komedi. Tetapi sayang Spenser Confidential tidak berhasil mengundang tawa sebanyak yang diinginkannya.

Spenser Confidential sudah tayang dan bisa ditonton di layanan streaming Netflix.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s