Pada suatu hari yang tenang, saya sedang membuka Twitter dan melihat sebuah artikel dari Kotaku yang memancing perhatian saya, karena biasanya saya tidak tertarik dengan artikel mereka. “Paralives, a new Sims-like game, looks cool.”, begitulah bunyi tweet mereka. Berhubung saya memang menggemari The Sims bahkan saya sudah menembus 300 jam bermain permainan yang intinya hanya tidur-makan-mandi itu, mulailah saya untuk melihat apasih itu Paralives.

Tentu saja saya langsung mencari seperti apa Paralives di YouTube karena saya sudah sangat penasaran seperti apa permainan ini. Untuk itu, saya memasuki channel mereka bernama Paralives dan memulai menonton satu-satu video mereka. Sampailah saya dengan video 15 detik yang berjudul “Paralives – Window and Curtain Resizing“. Videonya cukup sederhana, kita hanya melihat sebuah jendela rumah di dalam permainan. Kita juga melihat bagaimana jendela ini bisa diperlebar sesuka hati tergantung pemain, dan begitu juga dengan tirai jendela. Itu saja isi video 15 detik ini.

Mungkin bagi yang awam dengan permainan genre seperti merasa tidak ada apa-apa dalam video ini. Toh hanya jendela yang digonta-ganti ukurannya. Tetapi tidak dengan pemain yang sudah lama bermain permainan simulasi kehidupan seperti The Sims. Pertama apa yang membuat video ini sungguh menakjubkan adalah bagaimana kita bisa meletakkan barang sesuka kita, tidak seperti pada The Sims di mana peletakan benda sangatlah kaku, bahkan terkadang perlu memasukkan cheat untuk menaruh benda sesuka hati. Tidak dengan Paralives di mana benda dapat diletakkan sesuka hati hanya dengan menyeret mouse pemain. Begitu juga dengan tirai, di mana pemain bisa meletakkan sesuka hati mereka di depan jendela, sesuatu yang sangat kaku saat bermain di The Sims.

robinekariski-video-game-mengatur-jendela-di-paralives

Hal selanjutnya yang menarik perhatian saya adalah bagaimana permainan ini dapat sesuka hati memperbesar atau memperkecil objek di rumah pemain. Hanya dengan seretan mouse. Ingin jendela anda langsing atau selebar lapangan basket? Bisa. Atau juga pada video 1 menit 14 detik mereka yang berjudul “Paralives – Resize, Stack and Flip Objects“, di mana kita diperlihatkan betapa mudahnya pemain dapat mengatur peletakan benda. Pada video ini, kita juga bisa melihat bagaimana benda dengan sangat mudahnya dapat diperpanjang seperti meja belajar atau dipertinggi seperti lampu yang kalau pendek menjadi lampu meja atau kalau tinggi menjadi lampu ruangan.

Tidak hanya itu, di Paralives pemain juga bisa menumpuk-numpuk barang sesuka hati mereka. Mereka bisa mendekorasi meja mereka serapi atau seberantakan mungkin tanpa peduli batasan, sesuatu yang masih menjadi impian untuk pemain The Sims. Melihat video mereka, saya sudah bisa membayangkan saya bisa saja menghabiskan berjam-jam hanya mendekorasi satu ruangan saja. Apakah lampu ini kurang tinggi, apakah peletakan meja sudah tepat, apakah ukuran jendela sudah cukup besar atau kecil, semua itu bisa menjadi kehidupan saya sehari-hari jika sudah memilikinya.

Hei, ini semua hanyalah membicarakan objek dan permainan simulasi kehidupan tidak akan bekerja kalau tidak ada manusianya. Tenang, mereka juga sudah sekilas memperlihatkan bagaimana karakter manusia terlihat di dalam video “Paralives – Meet Maggie” di mana kita diperlihatkan karakter bernama Maggie dan bagaimana kustomisasi karakter di dalam permainan. Berdurasi hampir 2 menit, kita secara sekilas melihat bagaimana kita bisa mengutak-atik karakter kita di dalam permainan.

robinekariski-video-games-mengatur-tinggi-badan-di-paralives

Lagi-lagi, di sini ada satu hal yang membuat saya terkagum. Tinggi badan. Betul, tinggi badan di sini bisa kita atur sesuka hati. Bahkan saat kita sedang meninggikan atau memendekan kita diperlihatkan, dalam satuan meter, seberapa tinggi karakter kita. Ingin membuat 1,48 m? Bisa. Ingin membuat setinggi 2 meter seperti pemain basket juga bisa. Ini tentu akan membuat dunia dalam permainan menjadi lebih hidup, dan tidak pernah saya temui sebelumnya karena di The Sims kita perlu mod untuk melakukan hal serupa dan itupun tidak bisa sebebas Paralives.

Sungguh menarik untuk melihat seperti bagaimana gameplay Paralives akan berjalan. Gambarnya yang bergaya kartun juga menjadikan permainan ini lebih unik dari permainan dengan genre serupa lainnya. Saya memang masih sangat menyukai The Sims karena mereka memang sudah melekat dengan saya semenjak bertahun-tahun lamanya namun jika saja Paralives tetap bisa mengejutkan kita seperti video-video yang dimilikinya, maka tidak kaget kalau saya akan mengucapkan selamat tinggal The Sims, dan selamat datang Paralives.

Untuk saat ini, Paralives sudah bisa dilihat di Steam namun masih belum diberitahu kapan permainan ini akan dirilis atau berapa mereka akan memasang harga. Jangan terlalu mahal, saya harap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s