“Itu benar, kau anak bajingan. Ini adalah The Prestige! Kau telah mem-Prestige dirimu!”

Episode kedelapan dalam musim keempat yang bernama”The Vat of Acid Episode”, sama seperti nama film yang Rick (Justin Roiland) sebut, adalah episode yang sama-sama juga dengan rumit dan pintarnya memutar-mutar antara realita dan fantasi. Memang seperti kebanyakan episode Rick and Morty sebelumnya, episode ini juga memainkan konsep fantasi-realita. Namun juga sama seperti episode-episode itu, “The Vat of Acid Episode” sangatlah seru untuk ditonton dari awal hingga akhir.

Nama episode ini konyolnya diambil dari sebuah rencana yang diusung oleh Rick kepada Morty (Justin Roiland) saat mereka ingin bertransaksi berlian kepada alien mafia, yang lengkap mengenakan pakaian khas 1940 serta membawa senjata tommy gun. Sebelum bertransaksi, Rick mengatakan kepada Morty kalau jika transaksinya berlangsung secara buruk, maka mereka akan melompat ke sebuah kolam asam di bawah mereka yang palsu, tentunya.

Dan benar, transaksi berlangsung tidak sesuai rencana dan mereka berdua melompat ke kolam asam palsu di bawahnya, menipu kelompok mafia itu kalau mereka sudah mati. Memang mereka berhasil menipu, namun mafia itu — karena kaget dengan pilihan Rick dan Morty untuk bunuh diri — syok dan berdiam diri melihat asam di bawahnya, tidak mengetahui kalau baik Rick dan Morty menunggu mereka dengan kesal. Akhirnya Morty tidak lagi bisa menahan rasa kesalnya, membunuh mafia di atasnya, dan mengatakan kalau rencana Rick itu payah.

robinekariski-tv-series-rick-dan-morty-di-the-vat-of-acid-episode

Pertikaian antara Rick dan Morty memang bukanlah hal yang jarang terjadi. Kali ini, rencana “kolam asam palsu” milik Rick dianggap tidak berguna oleh Morty. Jika awal episode sudah dimulai dengan keduanya beragumen, biasanya episode akan berjalan secara liar dan tidak terprediksi karena kedua karakter memiliki rencana masing-masing. Dan memang betul, “The Vat of Acid Episode” berjalan sangat heboh, memainkan lapisan realita dan realita sehingga pertanyaan akhirnya adalah “Apakah yang terjadi selama ini memang betul terjadi?”

Saat pertikaian, Morty mengatakan kalau Rick tidak bisa membuat alat apa saja, dan tentunya Rick merasa terhina. Ia pun akhirnya membuat alat yang diinginkan Morty selama ini, yaitu alat yang bisa mengembalikan penggunanya ke titik semula (seperti checkpoint dalam permainan). Dengan alat ini, Morty bisa melakukan apapun tanpa konsekuensi dan tentu saja dalam ciri khas Rick and Morty, tidak ada yang bahagia selamanya.

Melihat tingkah laku Morty dengan alat itu memang sangat seru karena baik dia maupun saya yang sebagai penonton mengetahui kalau kini ia bisa melakukan apapun, dan tidak akan ada batas dalam apa yang akan dilakukannya. Selama setengah episode kita tinggal di dalam dunianya Morty, melihat dirinya dari bertindak kriminal hingga menemui wanita yang menjadi kekasihnya. Tentu saja kunci utama dari semua itu adalah dari alat yang dibuat oleh Rick.

robinekariski-tv-series-rick-dan-morty-dengan-kolam-asam-di-the-vat-of-acid-episode

Tidak hanya Morty, namun Rick juga sangatlah liar di mana kita melihat sisi yang lebih gelap dari beberapa episode sebelumnya. Di sini ia telah membuat alat yang memang terlihat seperti sebuah checkpoint, namun semakin lama kita mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan oleh alat itu. Kejutan yang diberikannya pada akhir episode ini memang sangatlah tidak terduga-duga, persis seperti filmnya Christopher Nolan The Prestige yang dirilis pada 2006.

Apa yang saya sukai dari episode ini adalah selain ceritanya yang penuh dengan kompleksitas sains dan tetap dengan humor canda tawa, namun kita juga dibagi waktunya untuk menonjolkan masing-masing karakter. Morty mendapati waktunya sendiri, dan petualangan dengan alatnya itu sangatlah naik turun seperti sebuah roller coaster. “The Vat of Acid Episode” adalah salah satu episode terbaik musim keempatnya Rick and Morty. Dan iya, ini semua hanya karena kolam asam palsu yang dibuat oleh Rick Sanchez.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s