Akhir bulan lalu saya mencoba menonton film di Bioskop Online, situs streaming film Indonesia terbaru yang usianya baru saja beberapa bulan saja. Saya mengetahui keberadaan situs ini tentunya dari sosial media Twitter, di mana saya melihat kalau situs ini menawarkan koleksi film Indonesia yang mungkin masih cukup sulit dijangkau dan jarang didengar. Mayoritas film di sini adalah film-film indie yang biasa ditemui di festival film.

Kucumbu Tubuh Indahku menjadi film yang sangat ingin saya tonton, karena belum pernah berkesempatan untuk menontonnya. Namun sebelum menonton itu, saya lebih dulu mencoba menonton Mobil Bekas dan Kisahkisah dalam Putaran atau yang juga dikenal dengan The Carousel Never Stops Turning (berbeda, saya juga mengetahui itu). Film ini memiliki premis yang sangat menarik, sehingga saya langsung saja mencobanya.

Film ini memang sebuah film indie arthouse yang mungkin tidak terlalu saya sukai karena film ini mengingatkan saya dengan Only God Forgives di mana keduanya sama-sama tidak memiliki narasi yang lurus dan banyak adegan yang tidak terjadi apa-apa dan karakternya yang biasanya tidak melakukan banyak hal. Only God Forgives masih memiliki visual yang menakjubkan sehingga masih saya sukai, tetapi tidak dengan Mobil Bekas yang membuat pengalaman menonton saya sangat kurang, meski durasinya yang tidak panjang (hanya 84 menit saja).

Tetapi meski begitu saya sungguh menyukai Bioskop Online karena situsnya yang sangat mudah untuk digunakan bahkan untuk yang masih asing dengan dunia streaming. Koleksi filmnya memang tidaklah banyak seperti layanan streaming populer lainnya, namun daftar film yang dimiliki Bioskop Online sangat unik dan sangat berbeda bahkan tidak ada film mainstream yang biasa kita lihat tayang di bioskop. Film seperti TengkorakAnother Trip to the Moon dan Istirahatlah Kata-Kata adalah contoh film yang tidak pernah saya dengar sebelumnya dan yang tersedia di Bioskop Online.

Dengan daftar film seperti itu sungguh membantu memajukan industri perfilman Indonesia karena memberikan kesempatan bagi para penonton untuk mencoba hal baru, apalagi film Indonesia yang paling sering saya temui di bioskop hanya berputar di genre komedi, romansa, drama dan horror. Berbeda dengan film Mobil Bekas yang adalah sebuah film arthouse atau Another Trip to the Moon yang merupakan sebuah film sci-fi, sesuatu yang sangat jarang dilihat di bioskop.

Harganya juga sangatlah murah untuk setiap film yang disediakan, dengan hanya Rp5.000,00 (untuk saat ini) saja belum termasuk pajak. Pembayarannya juga cukup mudah, dengan empat metode pembayaran tersedia untuk menyewa film: GOPAY, OVO, DANA dan LinkAja. Jika sudah membayar, maka film akan tersedia selama 48 jam kedepan di akun yang telah dibuat, memberikan penonton kebebasan untuk menonton kapan saja selama dua hari kedepan.

Meski umurnya yang masih sangat segar, kehadiran Bioskop Online berpotensi mengubah tidak hanya penonton menyaksikan film lokal, tetapi berpotensi juga mengubah bagaimana film didistribusikan. Seperti “Netflix Original” di mana film langsung tersedia secara eksklusif di Netflix, Bioskop Online juga menyajikan konten eksklusif. Film yang saya sebut tadi seperti Tengkorak dan Mobil Bekas dan Kisahkisah dalam Putaran dilabeli sebagai ekslusif di situs itu. Bioskop Online membuka kemungkinan film-film Indonesia pada masa mendatang tidak lagi akan dibuka di bioskop lokal melainkan langsung tersedia di situs tersebut.

Kehadiran Bioskop Online juga tentu meramaikan pasar layanan streaming dengan bersaing bersama layanan streaming lainnya seperti Netflix dan Mubi. Dan metode yang dimiliki Bioskop Online memang berbeda, karena bukanlah berlangganan setiap bulan melainkan membayar jika ingin menonton, dan dengan metode itu kita juga menjadi lebih bebas memilih film apa yang ingin ditonton tanpa merasa uang terbuang sedikitpun. Dengan bioskop sepertinya masih sangat lama untuk dibuka mengingat masih meningkatnya kasus COVID-19, Bioskop Online adalah alternatif yang sangat seru untuk menonton beragam film Indonesia yang menarik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s