2020 mungkin saja adalah tahun terburuk selama beberapa tahun terakhir, dengan tragedi hingga tragedi terus berdatangan dan masih belum terlihat kapan bencana ini akan selesai. Di saat yang kelam ini, kehadiran Bill & Ted Face the Music sungguh dibutuhkan karena nuansanya yang penuh dengan energi yang semangat dan riang dengan cepat membawa kesenangan dan keceriaan kepada setiap penontonnya dan ini mungkin saja adalah film paling bersemangat dan paling menyenangkan tahun ini.

Hampir 30 tahun yang lalu film kedua dalam seri Bill & Ted, dengan judul Bogus Journey dirilis dan terakhir kalinya kita melihat Alex Winter dan Keanu Reeves sebagai karakter William S. “Bill” Preston dan Ted “Theodore” Logan menyusun sebuah lagu yang ditujukan untuk menyatukan dunia dan menciptakan harmoni yang akan membawa kedamaian. Namun nyatanya bukan itu yang terjadi, musik mereka tidak berhasil menyatukan mereka dan band mereka yang bernama “Wyld Stallyns” juga dibubarkan karena keduanya berselisih dengan anggota mereka lainnya, Death.

Kini, di 2020, Bill dan Ted sudah memiliki anak yang masing-masing putri dan diberi nama panggilan “Little Bill” dan “Little Ted” dengan warna rambut dan tingkah laku yang sama dengan ayahnya. Tetapi meski kehidupan mereka sudah sedikit berubah dan tidak seliar dulu (kini keduanya sudah berumah tangga), Bill dan Ted masih selalu berusaha untuk membuat lagu yang bisa menyatukan dunia namun merasa kalau mereka tidak akan bisa membuatnya. Dan mereka juga mengalami masalah rumah tangga bersama istri mereka, membuat mereka bingung apa yang harus mereka lakukan selanjutnya.

robinekariski-film-keanu-reeves-sebagai-ted-dan-alex-winter-sebagai-bill

Hingga pada suatu hari Bill dan Ted didatangi oleh Kelly (Kristen Schaal), anaknya Rufus si pemandu dari dua film sebelumnya, dari masa depan yang mengatakan kalau mereka berdua harus secepatnya membuat lagu untuk menyatukan karena kalau tidak realita dunia akan lenyap selamanya. Dan kembali dimulailah petualangan Bill dan Ted menyusuri waktu dan mencari lagu yang bisa mereka persembahkan untuk dunia.

Satu hal yang tetap membuat Face the Music begitu menyenangkan adalah bagaimana setiap pemain filmnya, terutama untuk kedua tokoh utama Alex Winter dan Keanu Reeves, memainkan karakter mereka dengan penuh semangat dan tidak pernah berusaha untuk terlalu serius memainkannya. Tidak peduli sekonyol atau segila apapun adegan yang mendatangi keduanya, mereka tetap memainkan karakter Bill dan Ted dengan penuh jenaka, canda tawa dan semangat yang sangat positif dan itulah letak pesona film ini.

Seperti pada pembukaan film yang dengan sempurna menggambarkan kekonyolan dan humor film ini, saat Bill dan Ted menghadiri acara pernikahan adiknya Ted, Deacon Logan (Beck Bennett) bersama Missy (Amy Stoch), yang merupakan mantan ibu angkat untuk Bill dan Ted. Dengan penjelasan yang tanpa berbelit-belit keduanya menceritakan bagaimana Missy menikah kepada ayahnya Bill, kemudian cerai dan menikah kepada ayahnya Ted, Jonathan Logan (Hal Landon Jr.), kemudian cerai dan kini menikah kepada adiknya Ted. “Acara yang menggembirakan ini akan membuat Deacon menjadi mertuanya sendiri dan Ted menjadi pamannya sendiri,” Bill mengatakan. “Dan juga membuat ayahku menjadi anaknya sendiri,” Ted melanjuti.

Face the Music juga membawakan perasaan nostalgia, untuk melihat keduanya mengatakan “Be excellent to each other. And party on, dudes,” dan untuk mengatakan “Excellent!” yang diikuti dengan bermain gitar di udara. Benar, saya belum lahir saat Excellent Adventure ataupun Bogus Journey dirilis, tetapi saya ingat saat dulu menonton keduanya saya mendapati perasaan yang sungguh menyenangkan karena keduanya memang adalah film yang murni menyenangkan, tidak mencoba-coba untuk menjadi sebuah film yang serius, dan perasaan itu kembali saya dapati di Face the Music dan memang betapa indahnya perasaan itu di tengah tahun yang kelam ini.

robinekariski-film-brigette-lundy-paine-sebagai-billie-dan-samara-weaving-sebagai-thea

Kemudian sesuatu yang tidak saya sangka adalah bagaimana Theadora “Thea” Preston (Samara Weaving) dan Wilhelmina “Billie” Logan (Brigette Lundy-Paine), putri dari Bill dan Ted, mampu menangkap semangat ayahnya. Dengan masing-masing memanggil satu sama lainnya “Dude!” dan berbicara bahkan bertingkah seperti ayahnya, kedua karakter Thea dan Billie justru menambah keseruan film dengan petualangannya sendiri.

Keduanya, Thea dan Billie, juga menyusuri waktu yang mengunjungi masa lalu guna mencari musisi-musisi legendaris dan membentuk band yang akan membantu kedua ayahnya untuk memainkan lagu yang akan membawakan kedamaian kepada dunia. Mulai dari mengunjungi London pada 1967 untuk mengajak Jimi Hendrix, New Orleans pada 1922 untuk Louis Armstrong hingga Vienna pada 1782 untuk Mozart, petualangan Thea dan Billie adalah seperti sebuah petualangan yang mengingatkan kita pada petualangan Bill dan Ted pada film sebelumnya di mana mereka juga mundur pada waktu dan bertemu tokoh-tokoh penting dalam sejarah.

Bill & Ted Face the Music adalah film yang cepat, lucu, menyenangkan dan juga seru. Dengan kembali melihat Alex Winter dan Keanu Reeves yang sebelumnya menjadi pembunuh sadis di John Wick adalah sesuatu yang rupanya sungguh kocak, apalagi melihatnya bertingkah seperti anak muda tanpa brewok ikoniknya. Dan tentu melihat mayoritas hampir semua pemain film yang muncul sebelumnya kembali memerankan masing-masing karakter di Face the Music membawakan perasaan menggembirakan, dan kembali melihat Death yang masih dengan kocaknya diperankan oleh William Sadler adalah sesuatu yang membuat film ini adalah film paling menyenangkan dan juga film paling mudah dicintai oleh semua orang pada tahun ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s