News of the World mungkin saja adalah salah satu film paling menenangkan dari sutradara Paul Greengrass, yang di mana jika melihat filmografi lampau darinya yang penuh dengan aksi cepat dan juga menegangkan seperti The Bourne UltimatumGreen Zone dan Captain Phillips. Jika kita biasa melihatnya yang selalu mengandalkan kamera hand-held miliknya yang menghasilkan sebuah adegan yang gesit dan bergoyang-goyang, di sini kita melihat dirinya yang jauh lebih tenang dengan membiarkan tempo cerita bergerak dengan sendirinya.

Berdasarkan novel dengan nama yang sama dan ditulis oleh Paulette Jiles pada 2016, Paul Greengrass kembali bekerja bersama Tom Hanks yang kini memerankan Kapten Jefferson Kyle Kidd, mantan tentara yang kini bekerja dengan mengunjungi kota-kota untuk membacakan koran yang ia miliki dari berbagai negara bagian di depan sekumpulan penduduk kota yang ia kunjungi. “Saya mengetahui bagaimana kehidupan di sini, bekerja dari matahari terbit hingga terbenam. Tidak ada waktu untuk membaca koran. Biarlah saya yang melakukannya untuk anda. Dan mungkin, untuk malam ini, kita bisa kabur dari masalah dan mendengar perubahan besar yang terjadi di luar sana,” Kidd mengatakan saat memulai pekerjaannya.

Suatu hari saat sedang mengendarai kudanya, ia menemukan sebuah kereta yang telah rusak di pinggir jalan serta seorang kulit hitam yang telah digantung di pohon dekatnya, dengan poster “Texas mengatakan tidak! Ini adalah negara bagian untuk kulit putih.” Di dalam kereta Kidd menemui Johanna Leonberger (Helena Zengel), seorang anak perempuan yang merupakan tawanan untuk suku Kiowa dan kini telah terlantar sendiri. Tidak bisa berbahasa Inggris dan tidak memiliki tujuan yang jelas, Kidd memutuskan untuk mengantarnya ke keluarganya yang berada di Castroville, jauh dari lokasi mereka saat ini. Dan dimulailah petualangan keduanya, mengarungi luasnya daratan Amerika.

Mengetahui Paul Greengrass, kita mungkin mengharapkan akan ada banyak adu tembak yang terjadi di layar kaca dan Tom Hanks menjadi Clint Eastwood dengan pistol miliknya. Tetapi tidak, rupanya. Memang ada beberapa baku tembak yang terjadi, tetapi tidaklah banyak dan mendominasi. Kita lebih disuguhkan kepada luasnya pemandangan Amerika pada 1870 yang indah dari sinematografer Dariusz Wolski yang jernih dan memukau. Genre western memanglah biasa dalam memanfaatkan luasnya padang pasir untuk sebuah pengambilan gambar yang atraktif, dan News of the World berhasil menyajikan sebuah dunia yang indah dalam visualnya.

Itu jugalah membantu dalam membangkitkan perasaan menenangkan dari film ini. Selama dua jam film ini berjalan, saya merasakan perasaan yang menentramkan. Untuk melihat Kidd dan Johanna berinteraksi meski keduanya saling tidak memahami bahasanya, untuk melihat mereka menaiki kereta kuda mereka di hadapan gurun yang membentang sangat luas, untuk melihat mereka mengunjungi kota-kota sembari melihat Kidd yang membacakan koran serta menceritakan sebuah kisah yang pernah ia dengar atau baca di hadapan penduduk kota yang selalu terpukau mendengarnya. Dunia genre western memang sangatlah unik dan indah, dan kita diberikan kesempatan untuk benar-benar meresapinya.

Struktur News of the World terasa seperti beberapa bagian yang berbeda, di mana satu masalah dengan masalah lainnya yang dihadapi Kidd dan Johanna terasa seperti sebuah episode yang berbeda, tetapi bukan berarti mereka tidak penting dengan cerita utama. Setiap masalah dan hambatan yang ditemuinya penting karena membantu kedua karakter kita untuk saling berkembang di dalam ceritanya. Kidd dan Johanna adalah dua karakter yang memiliki sejarah yang kelam, dan perjalanan ini membantu mereka untuk melampaui masalah pribadi mereka dan di situlah bagaimana kisah film ini hidup.

Alur ceritanya tidaklah secepat kilat seperti film-film sebelumnya, dan Paul Greengrass memilih untuk menyajikan sebuah cerita yang membiarkan karakter di dalamnya benar-benar menghidupi kisah dan narasi yang ditempuhnya dengan penampilan yang halus tapi kuat dari kedua bintang utama film ini. Tom Hanks memiliki kapasitas untuk memainkan seorang karakter yang halus dan lembut dan juga menjadi orang yang gesit dan ganas, dan itulah mengapa karakter Jefferson Kyle Kidd sangat cocok untuknya karena dengan karakter ini kita dengan sempurna melihat bagaimana dirinya mampu memanfaatkan kelembutan dan kegarangan miliknya. Melihat bagaimana ia dengan sabar selalu bersama Johanna tetapi juga melihat dirinya akan membunuh siapapun yang berani mengganggu perjalanan mereka adalah mengapa Kidd menjadi salah satu karakter yang sempurna baik untuk Tom Hanks dan untuk sebuah dunia western.

Tidak kalah dengan Hanks adalah Helena Zengel, seorang aktris asal Jerman yang masih berusia 12 tahun tetapi dapat mengimbangi kehadiran Tom Hanks yang sungguh kuat dengan kemampuannya dalam menghidupkan karakter Johanna. Dia memang tidak banyak bergerak, tidak banyak berbicara, tetapi hanya dari emosi yang dihasilkannya, dari setiap patah kata yang diutarakannya, kita dapat secara langsung merasa simpati dan terhubung bersama Johanna. Perasaan kita kepada karakternya dengan mudah selalu tumbuh setiap film berjalan hingga akhirnya kita selalu mendukung dan selalu mengharapkan yang terbaik untuknya setiap kita melihat mereka menemui masalah.

Dalam inti ceritanya, sebetulnya News of the World bisa dibilang terkesan klise karena memiliki premis cerita yang mirip dengan film-film lainnya dengan kisah yang mirip. Tetapi apa yang hebatnya dari film ini adalah bagaimana saya dibuat untuk tidak memedulikan klise itu, karena saya sudah berkomitmen untuk selalu mendukung Kidd dan Johanna untuk menemukan akhir yang bahagia dan menyenangkan, tidak peduli apakah akhirnya klise atau tidak. Ini adalah film western yang tidak hanya membuat penontonnya merasa baik pada akhirnya, tetapi juga adalah sebuah perjalanan yang sungguh memuaskan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s