Permainan balapan memang tidaklah seperti dulu. Ingat bagaimana besarnya semangat kita pada masa kecil saat ingin memainkan Need for Speed: Underground 2 atau bagaimana semangatnya kita untuk memainkan Burnout Paradise? Memang masih ada permainan balapan yang masih sangat baik untuk saat ini, seperti Forza Horizon 4 yang masih terlihat sangat sempurna atau Assetto Corsa yang masih relevan meski umurnya sudah melebihi 5 tahun, tetapi permainan balapan tidaklah memiliki hype yang cukup tinggi. Bahkan bisa dikatakan popularitas untuk permainan balapan semakin memudar seiring berjalannya waktu.

Bahkan saya sendiri rasanya sudah sangat lama tidak memainkan permainan balapan. Mungkin selama beberapa tahun terakhir saya baru saja bermain permainan balapan dengan membeli dan memainkan Assetto Corsa yang sedang mendapatkan diskon di Steam beberapa hari yang lalu. Itupun saya tidak terlalu memainkannya karena saya masih di tengah menyelesaikan Death Stranding. Singkat kata, saya tidak memiliki rasa ketertarikan sebesar dulu untuk permainan balapan mobil.

Dan itu semua berubah. Semenjak beberapa bulan lalu saya mendapati obsesi baru mengenai balapan mobil. Saya memang baru saja menonton dan mengikuti Initial D, tetapi bukanlah anime itu yang akan saya bahas melainkan sebuah permainan yang diberikan nama Night-Runners. Dilihat sekilas di beberapa video YouTube miliknya, ini terlihat seperti permainan balapan pada umumnya, namun semakin saya perhatikan dan setiap saya tonton videonya, semakin besar rasa ketertarikan saya terhadap film ini, dan semakin besar keinginan saya untuk memberitahu permainan ini ke publik.

robinekariski-video-game-shiomi-koto-city-di-night-runners

Night-Runners adalah sebuah throwback yang mengingatkan kita kepada masa balapan liar di Jepang pada tahun 1990-an dan 2000-an, masa di mana Nissan Skyline GT-R dapat terlihat sedang beradu kecepatan dengan Mitsubishi Eclipse GSX di jalan tol Jepang. Ini adalah sebuah permainan yang mengingatkan saya dengan Tokyo Xtreme Racer 3, permainan yang sering saya mainkan saat masih kecil tetapi tidak mendapati popularitas sebesar yang saya kira.

Dilihat dari mayoritas cuplikan yang dimilikinya, latar utama Night-Runners sepertinya akan berada di jalan tol pada malam hari (tentu saja, mengingat namanya) di tengah perkotaan Jepang, dengan satu cuplikan menunjukkan berada di Shiomi, Kōtō yang berada di Tokyo. Jalanan tol di Jepang memanglah menjadi ajang favorit para pembalap liar untuk beradu kecepatan yang di mana biasanya dinamai “kōsoku battle” atau “Roulette-zoku”.

robinekariski-video-game-pre-alpha-gunung-akina-di-night-runners

Tetapi apa yang menarik yang saya temui pada video kedua yang diunggahnya pada 2019 adalah bagaimana permainan ini juga akan menyajikan peta lebih dari satu, dengan Gunung Akina (dari Initial D) sepertinya akan menjadi salah satu lokasi yang bisa kita singgahi di dalam Night-Runners. Datang harapan di mana kita dapat melakukan drift di pegunungan layaknya seorang pengantar tahu pada subuh hari (tidak mungkin kalian tidak mengenali referensi ini). Menarik untuk menanti lokasi apalagi yang akan dimiliki permainan ini, mengingat bagaimana besarnya popularitas balapan liar di Jepang.

Dilihat dari video pertamanya, saya mengetahui bahwa permainan ini telah dikembangkan sejauh tahun 2018. Berarti hingga sekarang, sudah lebih dari dua tahun permainan ini dikembangkan. Dan siapakah yang membuat permainan ini? Channel YouTube miliknya hanyalah bernama “Night Runners” dan tidak ada informasi apapun mengenai siapa pembuat Night-Runners. Memasuki server Discord miliknya, saya hanya berhasil mempelajari kalau yang membuat permainain ini hanyalah satu orang saja, dengan username Discord-nya adalah “Night-Runners Jem” dan saat ditanya siapa saja yang membuat permainan ini, ia hanya menjawab “Hanya saya, tetapi saya memiliki teman di dunia nyata yang membantu dengan audio.” Seperti permainan yang dibuatnya, ia sendiri juga adalah seorang developer yang misterius.

Namun mengingat bagaimana permainan ini dibuat hanya dengan satu orang, Night-Runners terlihat sangat menjanjikan. Mendengar permainan yang dikembangkan oleh satu orang mengingatkan saya dengan Stardew Valley, yang dikembangkan oleh Eric Barone atau lebih dikenal dengan “ConcernedApe”. Sama seperti Night-RunnersStardew Valley jugalah membutuhkan waktu yang tidak sebentar, di mana permainan tersebut membutuhkan sekitar 4 tahun untuk membuat salah satu permainan paling unik yang bahkan tidak bisa dibandingkan dengan Harvest Moon mengingat bagaimana unik dan menariknya permainan ini. Melihat Stardew Valley, saya memiliki harapan yang baik untuk Night-Runners.

robinekariski-video-game-modifikasi-night-runners

Pada satu cuplikan kita melihat bahwa kita bisa mengendalikan karakter kita untuk berjalan kaki di dalam garasi dan melakukan modifikasi sedemikian rupa dengan kendaraan milik kita. Tidak hanya bagaimana banyaknya kustomisasi yang bisa kita lakukan — seperti mengganti cat hingga mesin mobil — tetapi juga bagaimana detailnya ia membuat semua aspek di dalam permainan miliknya. Pada satu cuplikan lainnya, ia menandakan kita juga dapat mengotak-atik interior kendaraan. Mudah untuk membayangkan saya dapat menghabiskan berjam-jam hanya untuk memodifikasi mobil saja.

Apa yang berhasil menarik saya untuk pertama kalinya adalah visual yang ditawarkan Night-Runners. Seluruh permainannya memiliki perasaan seperti sebuah video retro dengan visual yang memiliki kualitas mirip dengan video dari tahun 1980 dan font layaknya datang dari sebuah seni synthwave aesthetic (sungguh sulit menjelaskannya, kalian bisa mencarinya di Google). Mula-mula permainan ini terlihat benar-benar ingin menghidupkan estetika tersebut dengan warna ungu mendominasi layar yang mirip dengan permainan balapan lainnya, Inertia Drift. Tetapi dengan visual yang ditingkatkan seiring berjalannya waktu, hilanglah warna ungu yang dominan dan datanglah sebuah kualitas permainan yang masih memiliki perasaan retro tetapi juga berhasil menggabungkannya dengan realisme yang menghasilkan sebuah cuplikan yang sungguh mengejutkan dari segi kualitas karena bagaimana indahnya permainan ini terlihat.

Ada perasaan yang sangat menyenangkan untuk balapan di tengah tingginya kota dan di luasnya sebuah jalan tol. Untuk melewati setiap mobil warga sipil di malam hari dan menghindari kecelakaan di tengah padatnya jalan tol sembari berusaha untuk tidak menabrakkan mobil ke pembatas jalan sembari melalui bangunan-bangungan tinggi di sebelahnya adalah sebuah perasaan yang sangat unik dan jarang saya dapati, dan mungkin itulah mengapa saya sangat menyukai Tokyo Xtreme Racer 3Night-Runners berhasil kembali mengingatkan saya dengan perasaan itu melalui bagaimana detailnya permainan ini dibuat untuk membangun lingkungan sekitar. Bahkan dengan satu cuplikan saja saya dapat melihat bagaimana uniknya setiap bangunan yang dibuat di sekitarnya dan bagaimana besarnya dunia yang sudah dibuat.

robinekariski-video-game-cuplikan-night-runners

Melihat dari bagaimana banyaknya perubahan yang terjadi, saya tidak akan kaget kalau permainan ini masih akan mendapati sebuah pergantian dari visualnya. Mengingat ini adalah sebuah permainan yang mayoritas dikembangkan oleh satu orang misterius di Jepang, Night-Runners adalah sebuah permainan yang tidak hanya mengagumkan tetapi juga menjanjikan yang pastinya telah mendapati peringkat nomor satu dalam permainan balapan yang paling saya tunggu-tunggu.

Dari Discord miliknya, developer permainan inimengatakan telah merencanakan untuk merilis demo permainan ini pada bulan Mei mendatang dan untuk early access pada tanggal yang masih belum ditentukan. Tetapi layaknya perkembangan permainan pada umumnya, itu bisa berubah. Ia lanjut mengatakan kalau ia tidak suka membuat janji, dan seperti yang kita tahu, janji hanyalah menumpuk tekanan untuk para developer (iya, saya membicarakan Cyberpunk 2077). Ia terlihat seperti orang yang pintar, dan saya menyukainya. Sekarang saya akan menunggu dengan antusias tidak peduli seberapa lama permainan ini akan selesai karena saya ingin yang terbaik untuk sebuah permainan yang terlihat sangat menjanjikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s